Yang Tak Ikhlas, yang tak berbekas

*Kordinat hari ini, 4 Sofar 1439H*
_Semoga tetap dalam kerendahan hati dan terus membersamai jiwa 😊_

*Yang Tak Ikhlas, yg Tak Berbekas*

العمل بغير إخلاص ولا اقتداء، كالمسافر يملأ جرابه رملاً يثقله ولا ينفعه.الفوائد(٥٢)

_"Amal tanpa keikhlasan dan contoh seperti musafir yang memenuhi tempat airnya dengan pasir yang memberatkannya, dan tidak bermanfaat untuknya."_

*Ibnul Qoyyim Aljauziyah*
_____________________
*Stop Point*

Ikhlas dan mengikuti apa yg dicontohkan itu bukan usaha main main. Butuh keseriusan, butuh kesabaran, butuh keridhoan.

Ikhlas tidak identik dengan ditampilkan atau disembunyikan. Ini amalan hati. Yg tersembunyi bisa tidak ikhlas krn merasa baik. Yg terlihat bisa tidak ikhlas krn berharap dibilang baik.

Mengikuti contoh butuh keridhoan. Ridho jika kadang tak sesuai dengan keinginan, ridho jika kadang berseberangan dengan akal fikiran.

Kalau cuma jadi baik, setiap orang fitrahnya selalu pingin baik. Kalau cuma jadi baik, tetangga kita yg tak beriman mungkin juga baik. Kalau cuma nyaman berbuat baik, penjahat pun masih berbuat baik pada anaknya.

Sayangnya, tujuan hidup tidak ansich menjadi baik. Karna makna baik dalam sisi Alloh adalah ia yg paham panduannya, dien-nya.

Kaya, alhamdulillah. Tapi jika belum paham halal haram, maka belum dikatakan baik menurut agama.

Pintar urusan dunia, alhamdulillah. Tapi belum dikatakan baik jika belum mengerti bagaimana menjalankan rukun iman dan islam yg benar.

_"Man yuridillahu bihi khairan yufaqqihhu fiddin."_. siapa yang dikehendaki oleh Allah akan mendapat khayran (kebaikan) ia akan dijadikan faham akan agamanya. Begitu kata baginda SAW yg diriwayatkan oleh bukhori, muslim dan yg lainnya.

Maka kebaikan amal, ada pada keikhlasan dan kesesuaian dengan panduan.

Mudahkan diri dengan hanya mengisi hari dengan sesuatu yg memang akan dibawa pulang ke negeri keabadian. Jangan terlalu terjebak hiruk pikuk yg memberatkan diri layaknya mencari air didalam pasir. Airnya merembes hilang tak berbilang, tersisalah pasir yg memberatkan tak terbayang.

Saya menasehati diri saya sendiri yg masih kadang senang hiruk pikuk dunia. Merasa banyak amal, tapi bisa jadi hilang tak berbekas karna hilang keihklasan dan tanpa ikuti panduan. Apalagi yg tidak beramal.

Semoga kita disayang Alloh
*Akhuukum fillah, momod🙂*

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item