Hal- Hal Yang Dibolehkan Dalam Shalat (Bag. 2)
https://bariqunnury.blogspot.com/2015/12/hal-hal-yang-dibolehkan-dalam-shalat_30.html
Fiqih dan Hadits
๐ Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.
๐ Hal- Hal Yang Dibolehkan Dalam Shalat (Bag. 2)
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
4⃣ Berjalan Sedikit Karena Ada Keperluan
Dalilnya:
ุนู ุนุงุฆุดุฉ ูุงูุช: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุตูู ูู ุงูุจูุช ูุงูุจุงุจ ุนููู ู ุบูู ูุฌุฆุช ูุงุณุชูุชุญุช ูู ุดู ููุชุญ ูู ุซู ุฑุฌุน ุงูู ู ุตูุงู. ููุตูุช ุฃู ุงูุจุงุจ ูู ุงููุจูุฉ. ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ ูุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุงููุณุงุฆู ูุงูุชุฑู ุฐู ูุญุณูู.
๐Dari ‘Aisyah, dia berkata: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat di rumah dan pintu di depannya tertutup, ketika saya datang saya minta dibukakan pintu. Maka beliau berjalan dan membukakan pintu kemudian kembali shalat. Aisyah mengatakan bahwa pintu tersebut ada di arah kiblat. (HR. Ahmad No. 24027, Abu Daud No. 922, An Nasai, At Tirmidzi No. 601, dia menghasankannya, Ad Daruquthni dalam As Sunan, 2/8, Abu Yala No. 4406, Ibnu Hibban No. 2355. Syaikh Syuaib Al Arnauth mengatakan: hasan. Tahqiq Musnad Ahmad No. 24027)
Tapi pembolehan ini hanya berlaku jika berjalannya masih kearah kiblat baik depan, kanan, dan kiri, tetapi tidak berlaku ke arah membelakangi kiblat. Semua ahli fiqih sepakat berjalan dengan jumlah langkah yang banyak dalam shalat fardhu adalah membatalkan shalat.
Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr Hafizhahullah menjelaskan:
ูุฏู ุนูู ุฃู ู ุซู ูุฐุง ุงูุนู ู ูุง ุจุฃุณ ุจู ูู ุงูุตูุงุฉ؛ ูุฃู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุนูู ููู ุงููุฏูุฉ ูุงูุฃุณูุฉ ุตููุงุช ุงููู ูุณูุงู ู ูุจุฑูุงุชู ุนููู
๐Maka, hadits ini menunjukkan bahwasanya hal yang semisal perbuatan ini adalah tidak apa-apa dilakukan saat shalat, karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukannya, dan dia adalah teladan dan contoh -semoga shalawat, salam, dan keberkahanNya tercurah kepadanya. (Syarh Sunan Abi Daud, 117. Al Misykat)
5⃣ Menggendong Anak Kecil
Dalilnya:
ุนَْู ุนَู ْุฑِู ุจِْู ุณَُْููู ٍ ุงูุฒُّุฑَِِّูู ุฃََُّูู: ุณَู ِุนَ ุฃَุจَุง َูุชَุงุฏَุฉَ َُُูููู: " ุฅَِّู ุงَّููุจَِّู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ุตََّูู ูุฃُู َุงู َุฉُ ุงุจَْูุฉُ ุฒََْููุจَ ุงุจَْูุฉِ ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ، ََِููู ุงุจَْูุฉُ ุฃَุจِู ุงْูุนَุงุตِ ุจِْู ุงูุฑَّุจِูุนِ ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุนُุฒَّู ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู، َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ َูุถَุนََูุง، َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ู ِْู ุณُุฌُูุฏِِู ุฃَุฎَุฐََูุง َูุฃَุนَุงุฏََูุง ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู "
๐Dari Amru bin Sulaim Az Zuraqiy, bahwa dia mendengar Abu Qatadah berkata: bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sedang shalat sedangkan Umamah anak puteri dari Zainab puteri Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan juga puteri dari Abu Al Ash bin Ar Rabi bin Abdul Uzza - berada di pundaknya, jika Beliau ruku anak itu diletakkan, dan jika bangun dari sujud diambil lagi dan diletakkan di atas pundaknya. (HR. Ahmad No. 22589, An Nasai No. 827, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 7827, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 827. Syaikh Syuaib Al Arnauth juga menshahihkannya dalamTahqiq Musnad Ahmad No. 22589, dan Amru bin Sulaim mengatakan bahwa ini terjadi ketika shalat subuh)
๐Apa Hikmahnya?
ูุงู ุงููุงููุงูู: ููุฃู ุงูุณุฑ ูู ุญู ูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃู ุงู ุฉ ูู ุงูุตูุงุฉ ุฏูุนุง ูู ุง ูุงูุช ุงูุนุฑุจ ุชุงููู ู ู ูุฑุงูุฉ ุงูุจูุงุช ุจุงููุนู ูุฏ ูููู ุฃููู ู ู ุงูููู.
Bernays Al Fakihani: Rahasia dari hal ini adalah sebagai peringatan (sanggahan) bagi bangsa Arab yang biasanya kurang menyukai anak perempuan. Maka nabi memberikan pelajaran halus kepada mereka supaya kebiasaan itu ditinggalkan, sampai-sampai beliau mencontohkan bagaimana mencintai anak perempuan, sampai-sampai dilakukan di shalatnya. Dan ini lebih kuat pengaruhnya dibanding ucapan. (Fiqhus Sunah, 1/262)
Dalil lainnya:
Dari Abdullah bin Syadad, dari ayahnya, katanya:
ุฎุฑุฌ ุนูููุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุฅุญุฏู ุตูุงุฉ ุงูุนุดู (ุงูุธูุฑ ุฃู ุงูุนุตุฑ) ููู ุญุงู ู (ุญุณู ุฃู ุญุณูู) ูุชูุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุถุนู ุซู ูุจุฑ ููุตูุงุฉ ูุตูู ูุณุฌุฏ ุจูู ุธูุฑู ุตูุงุชู ุณุฌุฏุฉ ุฃุทุงููุง، ูุงู: ุฅูู ุฑูุนุช ุฑุฃุณู ูุฅุฐุง ุงูุตุจู ุนูู ุธูุฑ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููู ุณุงุฌุฏ ูุฑุฌุนุช ูู ุณุฌูุฏู.
ููู ุง ูุถู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุงูุตูุงุฉ ูุงู ุงููุงุณ: ูุง ุฑุณูู ุงููู ุฅูู ุณุฌุฏุช ุจูู ุธูุฑู ุงูุตูุงุฉ ุณุฌุฏุฉ ุฃุทูุชูุง ุญุชู ุธููุง ุฃูู ูุฏ ุญุฏุซ ุฃู ุฑ، ุฃู ุฃูู ููุญู ุฅููู؟ ูุงู: (ูู ุฐูู ูู ููู، ูููู ุงุจูู ุงุฑุชุญููู ููุฑูุช ุฃู ุฃุนุฌูู ุญุชู ููุถู ุญุงุฌุชู)
๐Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam keluar untuk shalat bersama kami untuk shalat siang (zhuhur atau ashar), dan dia sambil menggendong (hasan atau Husein), lalu Beliau maju ke depan dan anak itu di letakkannya kemudian bertakbir untuk shalat, maka dia shalat, lalu dia sujud dan sujudnya itu lama sekali. Aku angkat kepalaku, kulihat anak itu berada di atas punggung Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan beliau sedang sujud, maka saya pun kembali sujud. Setelah shalat selesai, manusia berkata: Wahai Rasulullah, tadi lama sekali Anda sujud, kami menyangka telah terjadi apa-apa, atau barangkali wahyu turun kepadamu? Beliau bersabda: Semua itu tidak terjadi, hanya saja cucuku ini mengendarai punggungku, dan saya tidak mau memutuskannya dengan segera sampai dia puas. (HR. An Nasai No. 1141, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 1141)
Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah:
َูุฐَุง َูุฏُّู ِูู َุฐَْูุจِ ุงูุดَّุงِูุนِّู - ุฑَุญِู َُู ุงَّููู ุชَุนَุงَูู - َูู َْู َูุงََُููู ุฃََُّูู َูุฌُูุฒ ุญَู ْู ุงูุตَّุจِّู َูุงูุตَّุจَِّูุฉ َูุบَْูุฑูู َุง ู ِْู ุงْูุญَََููุงู ุงูุทَّุงِูุฑ ِูู ุตََูุงุฉ ุงَْููุฑْุถ َูุตََูุงุฉ ุงَّْูููู ، ََููุฌُูุฒ ุฐََِูู ِْููุฅِู َุงู ِ َูุงْูู َุฃْู ُูู ، َูุงْูู َُْููุฑِุฏ ، َูุญَู ََُูู ุฃَุตْุญَุงุจ ู َุงِูู - ุฑَุถَِู ุงَّููู ุนَُْูู - ุนََูู ุงَّููุงَِููุฉ ، َูู ََูุนُูุง ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، ََููุฐَุง ุงูุชَّุฃِْููู َูุงุณِุฏ ، ِูุฃََّู َْูููู : َูุคُู ّ ุงَّููุงุณ ุตَุฑِูุญ ุฃَْู َูุงูุตَّุฑِูุญِ ِูู ุฃََُّูู َูุงَู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، َูุงุฏَّุนَู ุจَุนْุถ ุงْูู َุงَِِّูููุฉ ุฃََُّูู ู َْูุณُูุฎ ، َูุจَุนْุถูู ْ ุฃََُّูู ุฎَุงุตّ ุจِุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ، َูุจَุนْุถูู ْ ุฃََُّูู َูุงَู ِูุถَุฑُูุฑَุฉٍ ، َُّููู َูุฐِِู ุงูุฏَّุนَุงِูู ุจَุงุทَِูุฉ َูู َุฑْุฏُูุฏَุฉ ، َูุฅَُِّูู َูุง ุฏَِููู ุนَََْูููุง ََููุง ุถَุฑُูุฑَุฉ ุฅََِْูููุง ، ุจَْู ุงْูุญَุฏِูุซ ุตَุญِูุญ ุตَุฑِูุญ ِูู ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ، ََْูููุณَ ِِููู ู َุง ُูุฎَุงِูู ََููุงุนِุฏ ุงูุดَّุฑْุน ؛ ِูุฃََّู ุงْูุขุฏَู َِّู ุทَุงِูุฑ ، َูู َุง ِูู ุฌَْููู ู ِْู ุงَّููุฌَุงุณَุฉ ู َุนُّْูู ุนَُْูู َِِِْููููู ِูู ู َุนِุฏَุชู ، َูุซَِูุงุจ ุงْูุฃَุทَْูุงู َูุฃَุฌْุณَุงุฏูู ْ ุนََูู ุงูุทََّูุงุฑَุฉ ، َูุฏََูุงุฆِู ุงูุดَّุฑْุน ู ُุชَุธَุงِูุฑَุฉ ุนََูู َูุฐَุง . َูุงْูุฃَْูุนَุงู ِูู ุงูุตََّูุงุฉ َูุง ุชُุจْุทَِููุง ุฅِุฐَุง ََّููุชْ ุฃَْู ุชََูุฑََّูุชْ ، ََููุนََู ุงَّููุจِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ - َูุฐَุง - ุจََูุงًูุง ِْููุฌََูุงุฒِ ، َูุชَْูุจًِููุง ุจِِู ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุนِุฏ ุงَّูุชِู ุฐََูุฑْุชَูุง ، ََููุฐَุง َูุฑُุฏُّ ู َุง ุงِุฏَّุนَุงُู ุงْูุฅِู َุงู ุฃَุจُู ุณَُْููู َุงู ุงْูุฎَุทَّุงุจُِّู ุฃََّู َูุฐَุง ุงِْููุนْู ُูุดْุจِู ุฃَْู َُูููู ู ِْู ุบَْูุฑ ุชَุนَู ُّุฏ ، َูุญَู َََููุง ِูู ุงูุตََّูุงุฉ ََِِْูููููุง َูุงَูุชْ ุชَุชَุนََّูู ุจِِู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ، ََููู ْ َูุฏَْูุนَูุง َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ุจََِููุชْ ู َุนَُู ، َูุงَู : ََููุง ُูุชَََّููู ุฃََُّูู ุญَู َََููุง ََููุถَุนََูุง ู َุฑَّุฉ ุจَุนْุฏ ุฃُุฎْุฑَู ุนَู ْุฏًุง ؛ ِูุฃََُّูู ุนَู َู َูุซِูุฑ ََููุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِุฐَุง َูุงَูุชْ ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ ุดَุบََูุชُْู ََْูููู َูุง َูุดْุบَُูู َูุฐَุง ؟ َูุฐَุง ََููุงู ุงْูุฎَุทَّุงุจِّู - ุฑَุญِู َُู ุงَّููู ุชَุนَุงَูู - ََُููู ุจَุงุทِู ، َูุฏَุนَْูู ู ُุฌَุฑَّุฏَุฉ ، َูู ِู َّุง َูุฑُุฏَّูุง َْูููู ِูู ุตَุญِูุญ ู ُุณِْูู َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ุญَู َََููุง .
ََْููููู : ( َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ ู ِْู ุงูุณُّุฌُูุฏ ุฃَุนَุงุฏََูุง ) ، ََْููููู ِูู ุฑَِูุงَูุฉ ู ُุณِْูู : ( ุฎَุฑَุฌَ ุนَََْูููุง ุญَุงู ًِูุง ุฃُู َุงู َุฉَ َูุตََّูู ) َูุฐََูุฑَ ุงْูุญَุฏِูุซ . َูุฃَู َّุง َูุถَِّูุฉ ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ َِููุฃَََّููุง ุชَุดْุบَู ุงَْْูููุจ ุจَِูุง َูุงุฆِุฏَุฉ ، َูุญَู ْู ุฃُู َุงู َุฉَ َูุง ُูุณَِّูู ุฃََُّูู َูุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِْู ุดَุบََُูู ََููุชَุฑَุชَّุจ ุนََِْููู ََููุงุฆِุฏ ، َูุจََูุงู ََููุงุนِุฏ ู ِู َّุง ุฐََูุฑَْูุงُู َูุบَْูุฑู ، َูุฃُุญِّู ุฐََِูู ุงูุดَّุบْู َِููุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ุจِุฎَِูุงِู ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ . َูุงูุตََّูุงุจ ุงَّูุฐِู َูุง ู َุนْุฏِู ุนَُْูู : ุฃََّู ุงْูุญَุฏِูุซ َูุงَู ِูุจََูุงِู ุงْูุฌََูุงุฒ َูุงูุชَّْูุจِูู ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ََُููู ุฌَุงุฆِุฒ ََููุง ، َูุดَุฑْุน ู ُุณْุชَู ِุฑّ ِْููู ُุณِْูู َِูู ุฅَِูู َْููู ุงูุฏِّูู . َูุงَُّููู ุฃَุนَْูู .
๐“Hadits ini menjadi dalil bagi madzhab Syafi’i dan yang sepakat dengannya, bahwa bolehnya shalat sambil menggendong anak kecil, laki atau perempuan, begitu pula yang lainnya seperti hewan yang suci, baik shalat fardhu atau sunah, baik jadi imam atau makmum.
Kalangan Maliki mengatakan bahwa hal itu hanya untuk shalat sunah, tidak dalam shalat fardhu. Pendapat ini tidak bisa diterima, sebab sangat jelas disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memimpin orang banyak untuk menjadi imam, peristiwa ini adalah pada shalat fardhu, apalagi jelas disebutkan itu terjadi pada shalat shubuh.
Sebagian kalangan Maliki menganggap hadits ini mansukh (dihapus hukumnya) dan sebagian lagi mengatakan ini adalah kekhususan bagi Nabi saja, dan sebagian lain mengatakan bahwa Beliau melakukannya karena darurat. Semua pendapat ini tidak dapat diterima dan mesti ditolak, sebab tidak keterangan adanya nasakh (penghapusan), khusus bai Nabi atau karena darurat, tetapi justru tegas membolehkannya dan sama sekali tidak menyalahi aturan syara. Bukankah Anak Adam atau manusia itu suci, dan apa yang dalam rongga perutnya dimaafkan karena berada dalam perut besar, begiru pula mengenai pakaiannya. Dalil-dalil syara menguatkan hal ini, karena perbuatan-perbuatan yang dilakukan ketika itu hanya sedikit atau terputus-putus. Maka, perbuatan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam itu menjadi keterangan tentang bolehnya berdasarkan norma-norma tersebut. Dalil ini juga merupakan koreksi atas apa yang dikatakan oleh Imam Al Khathabi bahwa seakan-akan itu terjadi tanpa sengaja, karena anak itu bergelantungan padanya, jadi bukan diangkat oleh Nabi. Namun, bagaimana dengan keterangan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika hendak berdiri yang kedua kalinya, anak itu diambilnya pula. Bukankah ini perbuatan sengaja dari Beliau? Apalagi terdapat keterangan dalam Shahih Muslim: Jika Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bangkit dari sujud, maka dinaikkannya anak itu di atas pundaknya. Kemudian keterangan Al Khathabi bahwa memikul anak itu mengganggu kekhusyuan sebagaimana menggunakan sajadah yang bergambar, dikemukakan jawaban bahwa memang hal itu mengganggu dan tidak ada manfaat sama sekali. Beda halnya dengan menggendong anak yang selain mengandung manfaat, juga sengaja dilakukan oleh Nabi untuk menyatakan kebolehannya. Dengan demikian, jelaslah bahwa yang benar dan tidak dapat disangkal lagi, hadits itu menyatakan hukum boleh, yang tetap berlaku bagi kaum muslimin sampai hari kemudian. Wallahu Alam (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 2/307. Mawqi Ruh Al Islam)
6⃣ Memberikan Salam dan Mengajak Berbicara Orang Shalat
Dalilnya:
ุนَْู ุฌَุงุจِุฑٍ، َูุงَู: ุฃَุฑْุณََِููู ุฑَุณُُูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ََُููู ู ُْูุทٌَِูู ุฅَِูู ุจَِูู ุงْูู ُุตْุทَِِูู، َูุฃَุชَْูุชُُู ََُููู ُูุตَِّูู ุนََูู ุจَุนِูุฑِِู ، َََّูููู ْุชُُู، ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، ุซُู َّ ََّููู ْุชُُู، ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، َูุฃََูุง ุฃَุณْู َุนُُู َْููุฑَุฃُ، َُูููู ِุฆُ ุจِุฑَุฃْุณِِู، ََููู َّุง َูุฑَุบَ َูุงَู: " ู َุง َูุนَْูุชَ ِูู ุงَّูุฐِู ุฃَุฑْุณَْูุชَُู، َูุฅَُِّูู َูู ْ َูู َْูุนِْูู ุฅَِّูุง ุฃَِّูู ُْููุชُ ุฃُุตَِّูู.
๐Dari Jabir bin Abdullah katanya: “Saya diperintahkan nabi untuk datang, saat itu beliau hendak pergi ke Bani Musthaliq. Ketika saya datang beliau sedang shalat di atas kendaraannya. Saya pun berbicara kepadanya dan beliau memberi isyarat dengan tangannya seperti ini. Saya berbicara lagi dan beliau memberi isyarat dengan tangannya, sedangkan bacaan shalat beliau terdengar oleh saya sambil beliau menganggukkan kepala. Setelah beliau selesai shalat beliau bertanya: Bagaimana tugasmu yang saya minta untuk diselesaikan? Sebenarnya tak ada halangan bagi saya membalas ucapanmu itu, hanya saja saya sedang shalat.” (HR. Muslim No. 540, Ahmad No. 14345, Abu Daud No. 926, Abu ‘Awanah, 2/140, Ibnu Khuzaimah No. 889, Ibnu Hibban No. 2518, 2519)
Dari Ibnu Umar: “Aku bertanya kepada Bilal:
ููู ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุฑุฏ ุนูููู ุญูู ูุงููุง ูุณูู ูู ูู ุงูุตูุงุฉ؟ ูุงู: ูุงู ูุดูุฑ ุจูุฏู.
๐“Bagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab salam kepada mereka ketika beliau sedang shalat?” Bilal menjawab: “Memberikan isyarat dengan tangannya.” (HR. Ibnu Majah No. 1017, At Tirmidzi No. 368, katanya: hasan shahih. An Nasa’i No. 1187, Ad Darimi No. 1362, dari Suhaib)
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุณุชูู ูู ุฐูู ุงูุงุดุงุฑุฉ ุจุงูุงุตุจุน ุฃู ุจุงููุฏ ุฌู ูุนูุง ุฃู ุจุงูุงูู ุงุก ุจุงูุฑุฃุณ ููู ุฐูู ูุงุฑุฏ ุนู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู .
๐“Dalam hal ini sama saja, baik isyarat dengan jari, tangan atau anggukkan kepala, semua ini adalah boleh karena memiliki dasar dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” (Fiqhus Sunah, 1/264)
Syaikh Abul ‘Ala Muhammad bin Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarkafuri Rahimahullah mengatakan:
ََููุฌُูุฒُ ุฃَْู ََُูููู ุฃَุดَุงุฑَ ู َุฑَّุฉً ุจِุฃُุตْุจُุนِِู َูู َุฑَّุฉً ุจَِูุฏِِู
๐“Maka, dibolehkan memberikan isyarat, sekali dengan jari dan sekali dengan tangannya.” (Tuhfah Al Ahwadzi, 2/365. Cet. 2, Al Maktabah As Salafiyah, Madinah)
๐ Ustadz Farid Nu'man Hasan, SS.
๐ Hal- Hal Yang Dibolehkan Dalam Shalat (Bag. 2)
๐ฟ๐บ๐๐๐ผ๐๐ท๐
4⃣ Berjalan Sedikit Karena Ada Keperluan
Dalilnya:
ุนู ุนุงุฆุดุฉ ูุงูุช: ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุตูู ูู ุงูุจูุช ูุงูุจุงุจ ุนููู ู ุบูู ูุฌุฆุช ูุงุณุชูุชุญุช ูู ุดู ููุชุญ ูู ุซู ุฑุฌุน ุงูู ู ุตูุงู. ููุตูุช ุฃู ุงูุจุงุจ ูู ุงููุจูุฉ. ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ ูุฃุจู ุฏุงูุฏ ูุงููุณุงุฆู ูุงูุชุฑู ุฐู ูุญุณูู.
๐Dari ‘Aisyah, dia berkata: “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam shalat di rumah dan pintu di depannya tertutup, ketika saya datang saya minta dibukakan pintu. Maka beliau berjalan dan membukakan pintu kemudian kembali shalat. Aisyah mengatakan bahwa pintu tersebut ada di arah kiblat. (HR. Ahmad No. 24027, Abu Daud No. 922, An Nasai, At Tirmidzi No. 601, dia menghasankannya, Ad Daruquthni dalam As Sunan, 2/8, Abu Yala No. 4406, Ibnu Hibban No. 2355. Syaikh Syuaib Al Arnauth mengatakan: hasan. Tahqiq Musnad Ahmad No. 24027)
Tapi pembolehan ini hanya berlaku jika berjalannya masih kearah kiblat baik depan, kanan, dan kiri, tetapi tidak berlaku ke arah membelakangi kiblat. Semua ahli fiqih sepakat berjalan dengan jumlah langkah yang banyak dalam shalat fardhu adalah membatalkan shalat.
Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad Al Badr Hafizhahullah menjelaskan:
ูุฏู ุนูู ุฃู ู ุซู ูุฐุง ุงูุนู ู ูุง ุจุฃุณ ุจู ูู ุงูุตูุงุฉ؛ ูุฃู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุนูู ููู ุงููุฏูุฉ ูุงูุฃุณูุฉ ุตููุงุช ุงููู ูุณูุงู ู ูุจุฑูุงุชู ุนููู
๐Maka, hadits ini menunjukkan bahwasanya hal yang semisal perbuatan ini adalah tidak apa-apa dilakukan saat shalat, karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukannya, dan dia adalah teladan dan contoh -semoga shalawat, salam, dan keberkahanNya tercurah kepadanya. (Syarh Sunan Abi Daud, 117. Al Misykat)
5⃣ Menggendong Anak Kecil
Dalilnya:
ุนَْู ุนَู ْุฑِู ุจِْู ุณَُْููู ٍ ุงูุฒُّุฑَِِّูู ุฃََُّูู: ุณَู ِุนَ ุฃَุจَุง َูุชَุงุฏَุฉَ َُُูููู: " ุฅَِّู ุงَّููุจَِّู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ุตََّูู ูุฃُู َุงู َุฉُ ุงุจَْูุฉُ ุฒََْููุจَ ุงุจَْูุฉِ ุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ، ََِููู ุงุจَْูุฉُ ุฃَุจِู ุงْูุนَุงุตِ ุจِْู ุงูุฑَّุจِูุนِ ุจِْู ุนَุจْุฏِ ุงْูุนُุฒَّู ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู، َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ َูุถَุนََูุง، َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ู ِْู ุณُุฌُูุฏِِู ุฃَุฎَุฐََูุง َูุฃَุนَุงุฏََูุง ุนََูู ุฑََูุจَุชِِู "
๐Dari Amru bin Sulaim Az Zuraqiy, bahwa dia mendengar Abu Qatadah berkata: bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sedang shalat sedangkan Umamah anak puteri dari Zainab puteri Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan juga puteri dari Abu Al Ash bin Ar Rabi bin Abdul Uzza - berada di pundaknya, jika Beliau ruku anak itu diletakkan, dan jika bangun dari sujud diambil lagi dan diletakkan di atas pundaknya. (HR. Ahmad No. 22589, An Nasai No. 827, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 7827, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 827. Syaikh Syuaib Al Arnauth juga menshahihkannya dalamTahqiq Musnad Ahmad No. 22589, dan Amru bin Sulaim mengatakan bahwa ini terjadi ketika shalat subuh)
๐Apa Hikmahnya?
ูุงู ุงููุงููุงูู: ููุฃู ุงูุณุฑ ูู ุญู ูู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃู ุงู ุฉ ูู ุงูุตูุงุฉ ุฏูุนุง ูู ุง ูุงูุช ุงูุนุฑุจ ุชุงููู ู ู ูุฑุงูุฉ ุงูุจูุงุช ุจุงููุนู ูุฏ ูููู ุฃููู ู ู ุงูููู.
Bernays Al Fakihani: Rahasia dari hal ini adalah sebagai peringatan (sanggahan) bagi bangsa Arab yang biasanya kurang menyukai anak perempuan. Maka nabi memberikan pelajaran halus kepada mereka supaya kebiasaan itu ditinggalkan, sampai-sampai beliau mencontohkan bagaimana mencintai anak perempuan, sampai-sampai dilakukan di shalatnya. Dan ini lebih kuat pengaruhnya dibanding ucapan. (Fiqhus Sunah, 1/262)
Dalil lainnya:
Dari Abdullah bin Syadad, dari ayahnya, katanya:
ุฎุฑุฌ ุนูููุง ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ุฅุญุฏู ุตูุงุฉ ุงูุนุดู (ุงูุธูุฑ ุฃู ุงูุนุตุฑ) ููู ุญุงู ู (ุญุณู ุฃู ุญุณูู) ูุชูุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููุถุนู ุซู ูุจุฑ ููุตูุงุฉ ูุตูู ูุณุฌุฏ ุจูู ุธูุฑู ุตูุงุชู ุณุฌุฏุฉ ุฃุทุงููุง، ูุงู: ุฅูู ุฑูุนุช ุฑุฃุณู ูุฅุฐุง ุงูุตุจู ุนูู ุธูุฑ ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ููู ุณุงุฌุฏ ูุฑุฌุนุช ูู ุณุฌูุฏู.
ููู ุง ูุถู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุงูุตูุงุฉ ูุงู ุงููุงุณ: ูุง ุฑุณูู ุงููู ุฅูู ุณุฌุฏุช ุจูู ุธูุฑู ุงูุตูุงุฉ ุณุฌุฏุฉ ุฃุทูุชูุง ุญุชู ุธููุง ุฃูู ูุฏ ุญุฏุซ ุฃู ุฑ، ุฃู ุฃูู ููุญู ุฅููู؟ ูุงู: (ูู ุฐูู ูู ููู، ูููู ุงุจูู ุงุฑุชุญููู ููุฑูุช ุฃู ุฃุนุฌูู ุญุชู ููุถู ุญุงุฌุชู)
๐Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam keluar untuk shalat bersama kami untuk shalat siang (zhuhur atau ashar), dan dia sambil menggendong (hasan atau Husein), lalu Beliau maju ke depan dan anak itu di letakkannya kemudian bertakbir untuk shalat, maka dia shalat, lalu dia sujud dan sujudnya itu lama sekali. Aku angkat kepalaku, kulihat anak itu berada di atas punggung Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, dan beliau sedang sujud, maka saya pun kembali sujud. Setelah shalat selesai, manusia berkata: Wahai Rasulullah, tadi lama sekali Anda sujud, kami menyangka telah terjadi apa-apa, atau barangkali wahyu turun kepadamu? Beliau bersabda: Semua itu tidak terjadi, hanya saja cucuku ini mengendarai punggungku, dan saya tidak mau memutuskannya dengan segera sampai dia puas. (HR. An Nasai No. 1141, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan An Nasai No. 1141)
Berkata Imam An Nawawi Rahimahullah:
َูุฐَุง َูุฏُّู ِูู َุฐَْูุจِ ุงูุดَّุงِูุนِّู - ุฑَุญِู َُู ุงَّููู ุชَุนَุงَูู - َูู َْู َูุงََُููู ุฃََُّูู َูุฌُูุฒ ุญَู ْู ุงูุตَّุจِّู َูุงูุตَّุจَِّูุฉ َูุบَْูุฑูู َุง ู ِْู ุงْูุญَََููุงู ุงูุทَّุงِูุฑ ِูู ุตََูุงุฉ ุงَْููุฑْุถ َูุตََูุงุฉ ุงَّْูููู ، ََููุฌُูุฒ ุฐََِูู ِْููุฅِู َุงู ِ َูุงْูู َุฃْู ُูู ، َูุงْูู َُْููุฑِุฏ ، َูุญَู ََُูู ุฃَุตْุญَุงุจ ู َุงِูู - ุฑَุถَِู ุงَّููู ุนَُْูู - ุนََูู ุงَّููุงَِููุฉ ، َูู ََูุนُูุง ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، ََููุฐَุง ุงูุชَّุฃِْููู َูุงุณِุฏ ، ِูุฃََّู َْูููู : َูุคُู ّ ุงَّููุงุณ ุตَุฑِูุญ ุฃَْู َูุงูุตَّุฑِูุญِ ِูู ุฃََُّูู َูุงَู ِูู ุงَْููุฑِูุถَุฉ ، َูุงุฏَّุนَู ุจَุนْุถ ุงْูู َุงَِِّูููุฉ ุฃََُّูู ู َْูุณُูุฎ ، َูุจَุนْุถูู ْ ุฃََُّูู ุฎَุงุตّ ุจِุงَّููุจِِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ، َูุจَุนْุถูู ْ ุฃََُّูู َูุงَู ِูุถَุฑُูุฑَุฉٍ ، َُّููู َูุฐِِู ุงูุฏَّุนَุงِูู ุจَุงุทَِูุฉ َูู َุฑْุฏُูุฏَุฉ ، َูุฅَُِّูู َูุง ุฏَِููู ุนَََْูููุง ََููุง ุถَุฑُูุฑَุฉ ุฅََِْูููุง ، ุจَْู ุงْูุญَุฏِูุซ ุตَุญِูุญ ุตَุฑِูุญ ِูู ุฌََูุงุฒ ุฐََِูู ، ََْูููุณَ ِِููู ู َุง ُูุฎَุงِูู ََููุงุนِุฏ ุงูุดَّุฑْุน ؛ ِูุฃََّู ุงْูุขุฏَู َِّู ุทَุงِูุฑ ، َูู َุง ِูู ุฌَْููู ู ِْู ุงَّููุฌَุงุณَุฉ ู َุนُّْูู ุนَُْูู َِِِْููููู ِูู ู َุนِุฏَุชู ، َูุซَِูุงุจ ุงْูุฃَุทَْูุงู َูุฃَุฌْุณَุงุฏูู ْ ุนََูู ุงูุทََّูุงุฑَุฉ ، َูุฏََูุงุฆِู ุงูุดَّุฑْุน ู ُุชَุธَุงِูุฑَุฉ ุนََูู َูุฐَุง . َูุงْูุฃَْูุนَุงู ِูู ุงูุตََّูุงุฉ َูุง ุชُุจْุทَِููุง ุฅِุฐَุง ََّููุชْ ุฃَْู ุชََูุฑََّูุชْ ، ََููุนََู ุงَّููุจِّู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ - َูุฐَุง - ุจََูุงًูุง ِْููุฌََูุงุฒِ ، َูุชَْูุจًِููุง ุจِِู ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุนِุฏ ุงَّูุชِู ุฐََูุฑْุชَูุง ، ََููุฐَุง َูุฑُุฏُّ ู َุง ุงِุฏَّุนَุงُู ุงْูุฅِู َุงู ุฃَุจُู ุณَُْููู َุงู ุงْูุฎَุทَّุงุจُِّู ุฃََّู َูุฐَุง ุงِْููุนْู ُูุดْุจِู ุฃَْู َُูููู ู ِْู ุบَْูุฑ ุชَุนَู ُّุฏ ، َูุญَู َََููุง ِูู ุงูุตََّูุงุฉ ََِِْูููููุง َูุงَูุชْ ุชَุชَุนََّูู ุจِِู ุตََّูู ุงَّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ، ََููู ْ َูุฏَْูุนَูุง َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ุจََِููุชْ ู َุนَُู ، َูุงَู : ََููุง ُูุชَََّููู ุฃََُّูู ุญَู َََููุง ََููุถَุนََูุง ู َุฑَّุฉ ุจَุนْุฏ ุฃُุฎْุฑَู ุนَู ْุฏًุง ؛ ِูุฃََُّูู ุนَู َู َูุซِูุฑ ََููุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِุฐَุง َูุงَูุชْ ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ ุดَุบََูุชُْู ََْูููู َูุง َูุดْุบَُูู َูุฐَุง ؟ َูุฐَุง ََููุงู ุงْูุฎَุทَّุงุจِّู - ุฑَุญِู َُู ุงَّููู ุชَุนَุงَูู - ََُููู ุจَุงุทِู ، َูุฏَุนَْูู ู ُุฌَุฑَّุฏَุฉ ، َูู ِู َّุง َูุฑُุฏَّูุง َْูููู ِูู ุตَุญِูุญ ู ُุณِْูู َูุฅِุฐَุง َูุงู َ ุญَู َََููุง .
ََْููููู : ( َูุฅِุฐَุง ุฑََูุนَ ู ِْู ุงูุณُّุฌُูุฏ ุฃَุนَุงุฏََูุง ) ، ََْููููู ِูู ุฑَِูุงَูุฉ ู ُุณِْูู : ( ุฎَุฑَุฌَ ุนَََْูููุง ุญَุงู ًِูุง ุฃُู َุงู َุฉَ َูุตََّูู ) َูุฐََูุฑَ ุงْูุญَุฏِูุซ . َูุฃَู َّุง َูุถَِّูุฉ ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ َِููุฃَََّููุง ุชَุดْุบَู ุงَْْูููุจ ุจَِูุง َูุงุฆِุฏَุฉ ، َูุญَู ْู ุฃُู َุงู َุฉَ َูุง ُูุณَِّูู ุฃََُّูู َูุดْุบَู ุงَْْูููุจ ، َูุฅِْู ุดَุบََُูู ََููุชَุฑَุชَّุจ ุนََِْููู ََููุงุฆِุฏ ، َูุจََูุงู ََููุงุนِุฏ ู ِู َّุง ุฐََูุฑَْูุงُู َูุบَْูุฑู ، َูุฃُุญِّู ุฐََِูู ุงูุดَّุบْู َِููุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ุจِุฎَِูุงِู ุงْูุฎَู ِูุตَุฉ . َูุงูุตََّูุงุจ ุงَّูุฐِู َูุง ู َุนْุฏِู ุนَُْูู : ุฃََّู ุงْูุญَุฏِูุซ َูุงَู ِูุจََูุงِู ุงْูุฌََูุงุฒ َูุงูุชَّْูุจِูู ุนََูู َูุฐِِู ุงََْูููุงุฆِุฏ ، ََُููู ุฌَุงุฆِุฒ ََููุง ، َูุดَุฑْุน ู ُุณْุชَู ِุฑّ ِْููู ُุณِْูู َِูู ุฅَِูู َْููู ุงูุฏِّูู . َูุงَُّููู ุฃَุนَْูู .
๐“Hadits ini menjadi dalil bagi madzhab Syafi’i dan yang sepakat dengannya, bahwa bolehnya shalat sambil menggendong anak kecil, laki atau perempuan, begitu pula yang lainnya seperti hewan yang suci, baik shalat fardhu atau sunah, baik jadi imam atau makmum.
Kalangan Maliki mengatakan bahwa hal itu hanya untuk shalat sunah, tidak dalam shalat fardhu. Pendapat ini tidak bisa diterima, sebab sangat jelas disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam memimpin orang banyak untuk menjadi imam, peristiwa ini adalah pada shalat fardhu, apalagi jelas disebutkan itu terjadi pada shalat shubuh.
Sebagian kalangan Maliki menganggap hadits ini mansukh (dihapus hukumnya) dan sebagian lagi mengatakan ini adalah kekhususan bagi Nabi saja, dan sebagian lain mengatakan bahwa Beliau melakukannya karena darurat. Semua pendapat ini tidak dapat diterima dan mesti ditolak, sebab tidak keterangan adanya nasakh (penghapusan), khusus bai Nabi atau karena darurat, tetapi justru tegas membolehkannya dan sama sekali tidak menyalahi aturan syara. Bukankah Anak Adam atau manusia itu suci, dan apa yang dalam rongga perutnya dimaafkan karena berada dalam perut besar, begiru pula mengenai pakaiannya. Dalil-dalil syara menguatkan hal ini, karena perbuatan-perbuatan yang dilakukan ketika itu hanya sedikit atau terputus-putus. Maka, perbuatan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam itu menjadi keterangan tentang bolehnya berdasarkan norma-norma tersebut. Dalil ini juga merupakan koreksi atas apa yang dikatakan oleh Imam Al Khathabi bahwa seakan-akan itu terjadi tanpa sengaja, karena anak itu bergelantungan padanya, jadi bukan diangkat oleh Nabi. Namun, bagaimana dengan keterangan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika hendak berdiri yang kedua kalinya, anak itu diambilnya pula. Bukankah ini perbuatan sengaja dari Beliau? Apalagi terdapat keterangan dalam Shahih Muslim: Jika Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bangkit dari sujud, maka dinaikkannya anak itu di atas pundaknya. Kemudian keterangan Al Khathabi bahwa memikul anak itu mengganggu kekhusyuan sebagaimana menggunakan sajadah yang bergambar, dikemukakan jawaban bahwa memang hal itu mengganggu dan tidak ada manfaat sama sekali. Beda halnya dengan menggendong anak yang selain mengandung manfaat, juga sengaja dilakukan oleh Nabi untuk menyatakan kebolehannya. Dengan demikian, jelaslah bahwa yang benar dan tidak dapat disangkal lagi, hadits itu menyatakan hukum boleh, yang tetap berlaku bagi kaum muslimin sampai hari kemudian. Wallahu Alam (Imam An Nawawi, Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 2/307. Mawqi Ruh Al Islam)
6⃣ Memberikan Salam dan Mengajak Berbicara Orang Shalat
Dalilnya:
ุนَْู ุฌَุงุจِุฑٍ، َูุงَู: ุฃَุฑْุณََِููู ุฑَุณُُูู ุงِููู ุตََّูู ุงُููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ ََُููู ู ُْูุทٌَِูู ุฅَِูู ุจَِูู ุงْูู ُุตْุทَِِูู، َูุฃَุชَْูุชُُู ََُููู ُูุตَِّูู ุนََูู ุจَุนِูุฑِِู ، َََّูููู ْุชُُู، ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، ุซُู َّ ََّููู ْุชُُู، ََููุงَู ุจَِูุฏِِู ََููุฐَุง، َูุฃََูุง ุฃَุณْู َุนُُู َْููุฑَุฃُ، َُูููู ِุฆُ ุจِุฑَุฃْุณِِู، ََููู َّุง َูุฑَุบَ َูุงَู: " ู َุง َูุนَْูุชَ ِูู ุงَّูุฐِู ุฃَุฑْุณَْูุชَُู، َูุฅَُِّูู َูู ْ َูู َْูุนِْูู ุฅَِّูุง ุฃَِّูู ُْููุชُ ุฃُุตَِّูู.
๐Dari Jabir bin Abdullah katanya: “Saya diperintahkan nabi untuk datang, saat itu beliau hendak pergi ke Bani Musthaliq. Ketika saya datang beliau sedang shalat di atas kendaraannya. Saya pun berbicara kepadanya dan beliau memberi isyarat dengan tangannya seperti ini. Saya berbicara lagi dan beliau memberi isyarat dengan tangannya, sedangkan bacaan shalat beliau terdengar oleh saya sambil beliau menganggukkan kepala. Setelah beliau selesai shalat beliau bertanya: Bagaimana tugasmu yang saya minta untuk diselesaikan? Sebenarnya tak ada halangan bagi saya membalas ucapanmu itu, hanya saja saya sedang shalat.” (HR. Muslim No. 540, Ahmad No. 14345, Abu Daud No. 926, Abu ‘Awanah, 2/140, Ibnu Khuzaimah No. 889, Ibnu Hibban No. 2518, 2519)
Dari Ibnu Umar: “Aku bertanya kepada Bilal:
ููู ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุฑุฏ ุนูููู ุญูู ูุงููุง ูุณูู ูู ูู ุงูุตูุงุฉ؟ ูุงู: ูุงู ูุดูุฑ ุจูุฏู.
๐“Bagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab salam kepada mereka ketika beliau sedang shalat?” Bilal menjawab: “Memberikan isyarat dengan tangannya.” (HR. Ibnu Majah No. 1017, At Tirmidzi No. 368, katanya: hasan shahih. An Nasa’i No. 1187, Ad Darimi No. 1362, dari Suhaib)
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
ููุณุชูู ูู ุฐูู ุงูุงุดุงุฑุฉ ุจุงูุงุตุจุน ุฃู ุจุงููุฏ ุฌู ูุนูุง ุฃู ุจุงูุงูู ุงุก ุจุงูุฑุฃุณ ููู ุฐูู ูุงุฑุฏ ุนู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู .
๐“Dalam hal ini sama saja, baik isyarat dengan jari, tangan atau anggukkan kepala, semua ini adalah boleh karena memiliki dasar dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” (Fiqhus Sunah, 1/264)
Syaikh Abul ‘Ala Muhammad bin Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarkafuri Rahimahullah mengatakan:
ََููุฌُูุฒُ ุฃَْู ََُูููู ุฃَุดَุงุฑَ ู َุฑَّุฉً ุจِุฃُุตْุจُุนِِู َูู َุฑَّุฉً ุจَِูุฏِِู
๐“Maka, dibolehkan memberikan isyarat, sekali dengan jari dan sekali dengan tangannya.” (Tuhfah Al Ahwadzi, 2/365. Cet. 2, Al Maktabah As Salafiyah, Madinah)
Posting Komentar