Tips Mudah Mengerjakan Shalat Tahajud

Fatwa Al Allamah Muhammad Shalih Al Utsaimin rahimahullaah

Pertanyaan:


Fadhilatusy Syaikh, shalat malam serta menghafal Al Qur’an merupakan amalan yang sangat agung. Sebagian pemuda mengalami permasalahan terlebih mereka yang berusaha berpegang dengan sunnah Nabi, dalam menghafal kitabullah dan shalat malam.

Adakah nasehat dan arahan bagi mereka sebagai bentuk pertolongan kepada mereka ?

Tanya Syaikh, “Aku katakan ,permasalahan apa yang menimpa mereka?'”

Penanya, “Mereka sulit bangun shalat malam dan sulit menghafal Al Qur’an. Adakah nasehat dan petunjuk bagi mereka. Jazakumullahu khairan?”

Jawaban :

Demi Allah, wahai saudaraku. Engkau telah mengetahui shalat malam termasuk amalan yang paling utama.

Shalat yang paling afdhal setelah shalat wajib adalah shalat malam.

Di saat akhir malam Rabb Azza wa Jalla turun ke langit dunia dan berfirman,

من يسألني فأعطيه، من يدعوني فأستجيب له، من يستغفرني فأغفر له

“Barangsiapa yang meminta kepada Ku niscaya aku beri. Barangsiapa yang berdoa kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang memohon ampun kepadaKu niscaya Aku beri ampunan.”

Aku nasehatkan kepada mereka hendaknya mereka menikmati manisnya shalat ini. Mereka melaksanakan shalat malam hingga merasakan kelezatannya. Dengannya ia akan mampu merasakan manisnya iman.

Adapun menghafal Al Qur’an tidak diragukan lagi termasuk dzikir yang paling utama. Al Qur’an adalah perkataanAllah Azza wa Jalla. Allah Ta’ala memuji hambanya yang berdiri shalat dan membaca Al Qur’an.

Allah Ta’ala berfirman tentang mereka,

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya”. (QS. Al Fathir :29-30)

Firman Allah Ta’ala,

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ

“Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya.”(QS. Al Baqarah: 121)

Nasehatku untuk mereka hendaknya mementingkan Al Qur’an serta memperhatikan shalat malam sesuai kadar kemampuannya. Artinya jika seseorang bangun setengah jam sebelum adzan subuh, kemudian wudhu atau mandi janabah (jika dalam kondisi junub) lalu shalat meskipun hanya tiga raka’at shalat witir kemudian ia terus merutinkanya maka inikah kebaikan.

«وأحب العمل إلى الله أدومه وإن قل».

“Amalan yang paling Allah cintai adalah yang paling rutin walaupun sedikit.” (Liqa Bab Al Maftuh No.89).

________

Penulis : Syaikh Muhammad Shalih Al Utsaimin rahimahullaah
Dipublish Oleh : Abu Hasan
Fatwa Al Allamah Muhammad Shalih Al Utsaimin rahimahullaah
Sumber : Tathbiq Fatawa Ibn Utsaimin Lianduruwid

Related

Shalat Tahajud 2340265788581528363

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item