geopolitik partai partai di indonesia


Geopolitik Partai-partai di Indonesia

Pemilu 2004 telah mengikis kuatnya polarisasi  politik aliran di Indonesia. Polarisasi  politik berdasarkan ideology tidak lagi menyebabkan ketegangan di Indonesia. Karena hampir seluruh partai di Indonesia berbasis umat Islam. Jadi ketegangan antara Islam, Modernitas dan ke-Indonesiaan telah selesai.

Partai-partai semuanya menjadi lebih terbuka. Partai berbasis islam menjadi lebih terbuka dan partai berbasis nasionalis selalu mempunyai sayap keislaman. Secara umum geopolitik partai di Indonesia dibagi dalam tiga alur saja. Ada tiga kelompok kekuatan politik. Masih seperti di orde baru yaitu kelompok sayap kiri (bantengis) kelompok sayap kanan (Bintangis) dan kelompok menengah (beringinis).

Sayap  kiri mempunyai sifat psikologis yang selalu was-was terhadap potensi munculnya perbedaan berdasarkan latarbelakang agama atau peletakan posisi agama khusus agama Islam dalam tatanan konstitusional Negara. Derivate dari kelompok ini adalah PDIP,  Gerindra, Nasdem dan PKPI. Atau jamak mereka disebut nasionalis sekuler.

Sayap Kanan mempunyai sifat psikologis menilai kekuatan politik menyatakan bahwa agama merupakan bagian tidak terpisahkan dari roh dan semangatkebangsaan Indonesia maka harus menjadi pondasi konstitusional Negara. Derivate dari sayap kanan ini adalah PPP,PKS, PBB, PAN, dan PKB.

Sedangkan sayap menengah mempunyai sifat psikologis kekuatan politik dan agama merupakan bagian yang tidak terpisahkan yang diperlukan adalah negosiasi antara politik dan agama dalam membangun pondasi konstitusional Negara. Derivate sayap menengah ini adalah Golkar dan Hanura.

Sayap kanan dan sayap menengah ini biasa disebut dengan nasionalis religius. Sayap kanan dan menengah inilah yang berpotensi membentuk koalisi poros keumatan dan kenegaraan.

Sifat alamiah psikologis partai-partai ini secara spesifik bisa kita jelaskan sebagai berikut:
1. Golkar dengan jargon Golkar barunya sudah sangat berubah dengan sifat psikologis Golkar di zaman Orde Baru.
2. PKB merupakan intelektual muslim yang terfilter dari basis massa NU
3. PAN merupakan intelektual muslim yang terfilter dari basis massanya Muhammadiyah.
4. PKS adalah anak biologis dan anak ideologis reformasi 1998. (anak kandung reformasi)
5. PBB adalah basis massa dari partai masyumi modern yang mempunyai ide-ide yang brilian mengenai Islam dan kebangsaan.
6. Hanura adalah Inti dari hati nurani Golkar.

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item