Aku Tak Tahu Harus.Mulai.dari mana


🌴 *Aku Tak Tahu Harus Mulai Dari Mana ?*

By Komar.

Aku bukanlah psikolog, aku hanyalah seorang programmer yang ingin tau mengenai psikologi.

Saudara mungkin anda pernah menjumpai seorang yang pendiam, kalau tidak ditegur tidak menjawab.

Mungkin penilaianpun muncul beragam, sehingga kita perlu mengetahui kondisi partner bicara kita dalam hal bermuamalah atau berinteraksi dengan manusia, sehingga tidak salah pengertian.

Pengakuan dari orang yang pendiam yang aku dengar sendiri, bahwa dia sulit dalam berkomunikasi. Intinya orang pendiam itu sehingga tidak tau mau harus mulai dari mana? mau bicara apa?.

Masukkan bagi anda yang mempunyai sifat diam, latihlah dengan sering bertanya meskipun apa yang hendak anda tanya sudah anda ketahui, sehingga adanya saling tanya jawab, Insya Allah anda banyak memiliki teman, sehingga kesan sombong tidak melekat pada diri anda.

Penting bagi seorang Ustadz mengetahui psikologi orang yang didakwahkan.

Allah berfirman :
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ  وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ  فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِ ۚ  فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.
[QS. Ali 'Imran: Ayat 159]

by Komar, 21 Ramadhan 1437 H. 8:20

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item