UJIAN Kejama'ahan
@salimafillah
.
Dalam ujian kejama'ahan Bani Israil; ada yang menebar keraguan tentang kemampuan Thalut memimpin, ada pula yang meninggalkan barisan karena dilemahkan keserakahan dalam meminum air.
.
Yang tersisa sedikit, tak punya banyak sumberdaya, tanpa senjata yang memadai pula. Teror-teror mentalpun menghantui mereka akan kekuatan dahsyat yang mengancam di hadapan. Tapi cobalah dengar syi'ar yang bergetar dari hati mereka, yang mereka nyatakan dengan begitu gagahnya:
.
.
كَم مِّن فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللَّهِ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
.
.
"Betapa banyak golongan yang sedikit mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah, dan Allah bersama orang-orang yang sabar." (QS Al Baqarah: 249)
.
Barangkali pula hikmahnya, inilah cara Allah untuk menampilkan bintang-bintang baru dari jama'ah ini, dari himpunan pejuang kebenaran ini, seperti Dawud, 'Alaihissalaam. Anak kecil, hanya bersenjata bandil -menunjukkan ia bukan anggota pasukan utama-, terpaksa tampil di garis depan, menggantikan orang-orang yang disaring Allah dengan ujian. Dan melalui dia yang tak diperhitungkan, Allah akhiri angkara murka Jalut sang tiran.
.
Berjama'ah, tegak lurus taat qiyadah, menjemput berkah.
_________
Sepenggal catatan dari Denpasar.

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item