Bersedekah Tanpa Lelah


” لئن أتصدق بدرهم في حياتي
أحب إلي من أن يتصدق عني بعد موتي بمائة درهم “

Andai aku bersedekah dengan satu dirham dikala hidupku lebih aku cintai daripada bersedekah dari ku (sedekah dari orang atas namaku) dengan seratus dirham setelah aku meninggal.

Maimun bin Mihron dalam Kitab Hilyatul Awliyaa
__________
Stop Point

Sejatinya, harta milik kita, adalah hanya apa yg dipakai, apa yg dimakan, apa yg menaungi kita, dan apa yg disedekahkan.

Ratusan juta dikumpulkan, ketika kematian dihadapkan, maka status kepemilikan itu berubah menjadi warisan.

Maka, bergunung kita kumpulkan, tiadalah menjadi kebermanfaatan, apalagi hanya menjadi fitnah bagi yg ditinggalkan.

Kiranya Alloh memberikan izin pada orang orang yg sudah meninggal untuk hidup lagi di alam dunia, maka pinta utama dari mereka hanyalah ingin berderma.

رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ

“Wahai Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda [kematian]ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah…”

Al Munafiqun: 10

Mengapa?
Elok Baginda SAW menjelaskan alasan ini. Beliau memberikan jawabannya dalam hadist yg riwayatkan Imam Ahmad dalam kitab Musnadnya.


حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ إِسْحَاقَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُبَارَكٍ أَخْبَرَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ عِمْرَانَ أَنَّهُ سَمِعَ يَزِيدَ بْنَ أَبِي حَبِيبٍ يُحَدِّثُ أَنَّ أَبَا الْخَيْرِ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ عُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ يَقُولُ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ أَوْ قَالَ يُحْكَمَ بَيْنَ النَّاسِ....


Telah menceritakan kepada kami Ali bin Ishaq telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Mubarak telah mengabarkan kepada kami Harmalah bin Imran bahwa ia mendengar Yazid bin Abu Habib menceritakan, bahwa Abul Khair menceritakan kepadanya, bawha ia mendengar Uqbah bin Amir berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya hingga perkara di antara manusia diputuskan, atau segala perkara di antara manusia dihukumi."..

HR. Ahmad No. 16695


Maka sedekah adalah kartu proteksi setelah mati agar diri kita ternaungi.

Ia menjadi pelindung dikala semua manusia dalam hisabnya..

Dan sedekah terbaik adalah kepada orangtua, karib kerabat, dan orang orang yg membutuhkan.

Bagi mereka yg membutuhkan, Alloh berpesan agar menahan tangan dari sikap kehinaan dengan meminta minta dihadapan manusia. Malah inilah waktu yg paling utama untuk bersedekah, yaitu di kala susah menyapa dan sempit mendera.

Bagi mereka yg berlebihan, ingatlah harta tumpukan hanya akan diganti kepemilikan, dan menjadi warisan yg ditinggalkan. Seyogyanya bawalah perbekalan yg cukup nyaman agar kita tenang di hari penghisaban.

Semoga kita disayang Alloh

Kebenaran hanya milik Robbmu, maka jangan sekali kalian menjadi orang orang yg ragu (2:147)

Eka Rahmat Hidayat

Related

Eka Rahmat Hidayat 4250097106284679129

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item