Saya Pernah....





3 bulan lalu saya di minta sama sebuah kementrian untuk jadi salah satu narasumber dalam diskusi tentang potensi masyarakat pesisir. Karena tema nya gak berat berat amat saya menyetujui.


Dari rumah saya berangkat jam 08.00. sawangan – gambir sampailah +/- 2 jam. Tepatnya di daerah cideng ini sih daerah jajahan sepertinya ada korban tabrak lari atau serempetan, korbannya motor yang tergeletak. Cuma ramai di keliling orang layaknya sebuah tontonan.

Seorang bapak dengan anak yang masih menggunakan seragam SMP. Sang bapak sepertinya tak terlalu parah, Cuma si anak meringis dan luka luka. Saya bantu tolong kebetulan dekat dengan RSUD disituh. Si bapak bawa motor, anaknya naik mobil saya.

Langsung saya ke IGD, minta tolong dokter buat langsung diobati dan periksa.

Si bapak dengan wajah murung dan letih menghampiri saya.
“terima kasih pak, sudah bantu “.
Iya pak, sama sama.

Dengan wajah letih dan panik , murung dia cerita banyak tentang keluarganya dan pekerjaannya. Dia seorang security di sebuah kantor kecil.
‘saya juga salah pak, saya agak ngantuk. Udah 2 malam saya jaga. Gantiin temen yang lagi sakit. Tiba tiba saya menghindari dari mikrolet yang ugal ugalan,
Hilang konsentrasi dan jatuh. Kemudian hening… dan murung kembali, sampai aku melihat dia ingin menjatuhkan air mata. Mungkin dia malu dihadapan saya.

“ saya usap bahunya, yang sabar pak. Ini ujian buat kita.tarik nafas pak , istighfar. Allah sedang dekat dengan bapak, maknya di tegur. saya bisikin ,untuk biaya pengobatan saya bantu. bapak berdoa saja, semoga si adik gak parah.

Nah sepertinya dia mulai agak sedikit tenang.

Tiba tiba…

Ada yang menedang pantat saya dengan begitu kencang… sampai saya terdorong lumayan. “ jadi eluu yang nabrak bapak gue ? liat lu kalo sampe adik gue cacat, gue gak terima “. Anak muda ini mau kembali mukul saya.

Si bapak dengan sigap, “ dasar lu anak durhaka, dan langsung mukul anak muda tadi “. Ini gara gara lu, coba kalo tadi lu nganterin adik lu sekolah, mungkin gak begini. Dasar lu pemalas. Kerja lu begadang. Wah habis tuh anak di pukul dan ditendang bapaknya.

Lu tahu gak, sambil menujuk kesaya, bapak ini yang nolong.. ? otak lu dipake .. sonoh pulang, liat entar di rumah.

Saya menenangkan si bapak. Saya jelaskan gpp pak mungkin anak bapak gak tahu, biasalah namanya anak muda emosinya tinggi.
“ Aaahh , saya malu sama bapak. Bapak nolong malah ditendang, emang tuh anak gak tahu diri,” kali ini dia benar benar nangis. Ah jadi deh gue peluk.

Gitulah kawan, kadang pelukan kita bukan Cuma buat kekasih atau keluarga, pelukan kita banyak di butuhkan oleh mereka mereka yang sedang lemah.

Alhamdulillah si adik sellesai gak ada yang patah Cuma harus di jahit . dan saya antar pulang. Sampai di rumah si anak muda nangis juga dan sujud di kaki saya minta maaf.
Saya Cuma bilang “ mas sujud ke Allah, minta maaf sama bapak. Yuk bermanfaat buat keluarga “.

Gagal jadi narasumber, tapi berhasil jadi sumber insyafnya anak muda. Aih nice sekali hari itu. Terima kasih Allah.

Saya teringat kalimat kawan saya. “ jika setiap jalanan adalah sekolah, maka setiap orang yang kita temui adalah guru “.

*maaf cerita ini tanpa tokoh dan foto.

salam





Roel Mustafa

Related

catatan 2219129304036031283

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item