MU'ALLIM NABAWI





Ada yang mengatakan bahwa terdapat hal-hal dari beliau yang tidak kami setujui. Jika itu benar, kemungkinan besar tentu ia disebabkan oleh kebodohan & belum sampainya ilmu kepada kami.

Ada yang mengatakan bahwa terdapat hal-hal dari kami yang tidak beliau setujui. Jika itu benar, kemungkinan besar tentu ia disebabkan oleh ilmu & pemahaman yang ada pada diri beliau.

Tetapi harus diketahui bahwa tidaklah semua itu akan menghalangi dekatnya hati maupun jasad ini; selama ilmu yang jadi penghubung dan penyambung. Karena kesediaan beliau untuk mengajarkan ilmunya pada kami. Dan karena hajat kami yang dahaga akan ilmu yang beliau khidmahi di sini, di Masjid Nabawi.

Dan sungguh kami ingin menambahkan satu keterhubungan lagi selain tangan bersalaman dan wajah bersenyuman, semoga ia menjalinkan hati di sisi Rabb penggenggam langit dan bumi. Ialah doa yang kami panjatkan di kala tak dapat duduk di hadapan majelisnya yang dicurahi rahmat, dinaungi malaikat, dituruni sakinah, & disebut-sebut bangga nama-nama hadirinnya oleh Allah 'Azza wa Jalla; hafizhahuLlaahu wa nafa'anaa bi 'uluumih, Ustadz Firanda Andirja.

Di langit tinggi sejarah yang tak dapat kami gapai permisalannya dengan faqir & dha'ifnya diri, ada teladan indah.

Imam Ad Dzahabi menukil dalam Siyar A’lamin Nubala’, dari Imam Abu Musa Yunus bin ‘Abdil A’la Ash Shadafi Al Mishri, salah satu murid Imam Asy Syafi’i, beliau berkata: “Aku tak melihat ada pemilik akal yang melebihi Imam Asy Syafi’i. Aku mendebatnya tentang suatu masalah pada suatu hari, kemudian kami berpisah, lalu dia menemuiku, dan menggandeng tanganku dengan tersenyum, kemudian berkata: “Wahai Abu Musa, bukankan kita tetap dapat bersahabat walau kita tak sepakat dalam satu masalah?” Semoga Allah merahmati para 'Ulama. Mempelajari ilmu mereka barangkali menghabiskan seluruh umur kita. Tapi meneladani akhlaq mereka adalah hajat utama yang harus kita cicil tiada henti


Salim A. Fillah

Related

Ustadz Salim A Fillah 5056630646044598094

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item