Kalian berbeda agama, tapi lebih kami cintai daripada orang Romawi yang seagama ...



by @salimafillah

Dalam film Kingdom of Heaven garapan Ridley Scott, adegan menegangkan itu berakhir menakjubkan.

"Aku tawarkan kepadamu", ujar Shalahuddin kepada Balian dari Ibelin, "Jaminan keselamatan bagi seluruh penduduk Jerusalem; Ratumu, Uskup, para Ksatria, pria, wanita, dewasa, maupun anak-anak untuk keluar dengan damai dalam pengawalan kami ke daerah aman yang dikuasai teman-teman Kristen kalian. Takkan ada yang diganggu atau disakiti."


"Tapi", sahut Balian yang setengah terkejut, "Ketika orang-orang Kristen merebut kota ini, mereka membantai semua penduduknya dan menjadikan jalanannya digenangi darah."

"Aku bukan orang seperti mereka", tukas Sang Sultan. "Aku Shalahuddin. Shalahuddin. Orang yang berkebaikan untuk memuliakan agama."

Lebih lima abad sebelum Shalahuddin berdiri di tempat itu, seperti dikisahkan Imam Malik, sahabat Nabi yang digelari Aminu Hadzihil Ummah, Abu 'Ubaidah ibn Al Jarrah, memimpin sahabat-sahabat Rasulullah yang membuat warga Nasrani di Al Quds berkata, "Mereka ini lebih utama daripada Hawariyyunmurid-murid 'Isa Al Masih."

Ketika dia harus mundur dari serbuan Romawi di salah satu jabhah, dia meminta maaf kepada penduduknya sebab tak lagi bisa melindungi mereka. Orang-orang Kristen Syam itupun menangisinya dan berkata, "Kalian berbeda agama, tapi lebih kami cintai daripada orang Romawi yang seagama. Hidup di bawah pemerintahan kalian jauh lebih kami sukai daripada mereka."

Related

Ustadz Salim A Fillah 6798016384484213415

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item