Pasukan pemerintah Yaman dan pejuang Perlawanan Rakyat berhasil membuka pengepungan di kota Taiz

Posisi Pasukan pemerintah Yaman semakin kuat di Taiz
#YemenCrisis

Pasukan pemerintah Yaman dan pejuang Perlawanan Rakyat dilaporkan telah berhasil mengamankan pusat kota terbesar ketiga Yaman, Taiz.

Pasukan pemerintah Yaman dilaporkan berhasil merebut bangunan militer dan pemerintah di Taiz setelah menembus pengepungan milisi Houthi yang sudah berlangsung selama setahun di kota tersebut.

Pada hari Sabtu, setidaknya 48 orang tewas dan 120 terluka dalam bentrokan dimana tentara pemerintah dan pejuang Perlawanan Rakyat dilaporkan menguasai pusat di kota terbesar ketiga Yaman. Saksi mengatakan ada mayat berserakan di jalan-jalan.

Walikota Taiz, Ali al-Muammari, dilaporkan mengatakan kepada Al Arabiya News bahwa setelah serangan usai, Unit Perlawanan Rakyat menyerahkan bangunan yang telah dibebaskan kepada pasukan pemerintah Yaman.
Pasukan pro pemerintah, yang didukung oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi, telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mengangkat pengepungan kota di barat daya dan membuka rute pasokan bantuan kemanusiaan.

Wilayah Baratdaya adalah pintu masuk strategis ke Taiz, yang menghubungkan selatan Lahij dan propinsi Aden, telah menjadi salah satu tiga pintu masuk utama di kota yang dikontrol oleh Houthi dan pasukan pro mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Pada hari Minggu, Sky News Arabia di Yaman mengkonfirmasi kedatangan konvoi medis pertama dari Arab Saudi ke kota Taiz.

Dilaporkan sebanyak 50 tabung oksigen tiba di Rumah Sakit Thawra, ini adalah tahap pertama dari program bantuan, dari 4.500 tabung oksigen yang dijanjikan oleh Pusat Bantuan dan Kemanusiaan Raja Salman.

6 ton pasokan medis lainnya, obat-obatan dan tabung oksigen yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia telah dikirim ke kota.

Berhasil dibukanya akses di pintu masuk baratdaya ke kota Taiz, dimana hampir setengah dari 250.000 warga yang telah terperangkap sejak Mei, mendapat pujian dari media pro-pemerintah sebagai sebuah terobosan besar.

Kantor berita pro Houthi, Saba News, mengakui adanya pertempuran sengit di Taiz, namun mengatakan bahwa milisi Houthi telah menewaskan 27 pasukan pro pemerintah.

Middle East Eye

http://www.middleeastupdate.net/pasukan-pemerintah-yaman-dan-pejuang-perlawanan-rakyat-berhasil-membuka-pengepungan-di-kota-taiz/

Related

Yaman 3990649425106382363

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item