KOPIAH KUMAL



Kemarin.

Berkeliling memantau TPS TPS di Kebagusan, termasuk TPS 027 yang fenomenal.

Menyaksikan izzah warga asli Jakarta, khas sekali, berkaos dan kopiah kumal, berkaos panjang dan kerudung pendek kumal, melawan hegemoni kekuasaan, pemodal, media, aparat...

TPS 29
Baru saja datang dan berdiri sebentar menyaksikan penghitungan suara, seorang ibu, masih muda, cantik berkerudung pendek tiba tiba menunjukkan gambar di HP nya,"Bapak sudah tahu kejadian ini?" sambil menunjukan gambar kejadian indikasi kecurangan di jakarta barat
"iya bu, sudah tau...", "Bapak sudah cek kesana ya?" tanyanya dengan nada kuatir. "insya Allah sudah ada yang tugas disana bu.." kata saya menenangkan.
Entah kenapa ibu ini kok tanya begitu, mungkin saya dikira petugas KPU atau pejabat partai.. entahlah.

No 3 Saah..!!
Alhamdulilaaah sambut mereka
No 2 Saah...!!
Astaghfirullah.....

TPS 11
belakang apartemen kebagusan

Tak ada yang istimewa, kecuali seorang pedagang kecil siomay dan es campur dalam satu gerobak, wajahnya nampak semangat.

Ngobrol bentar, beuh betawi.

"Ini gw dagang kalo buat petugas dari paslon 3 gratis semua.
Kalau menang di sini, gw gratisin semua"
"Yarin gw makan siomay juga dah.."

"keren bang..." sambil saya pamit, genggam salamnya kenceng bener dah....

TPS 027
Ini puncaknya.
Dapat informasi ada penghitungan ulang.
langsung meluncur, walau hujan lebat.

TPS cukup mewah, tenda besar. Disini tempat pimpinan partai besar mencoblos.

Jelang pengumuman penghitungan ulang, suasana tegang, penuh laki laki dengan atribut khas, wajah seram. Maklum ini kandangnya.

Saya mendekat agar bisa mengamati lebih jelas, langsung jadi perhatian, tatapan tatapan beuuh galak bener.

Dan saya memang gak pernah takut, ada yg pernah tahu saya takut?
Tapi tetap ga kepikir juga mau takbir disini apapun hasilnya. Mau bengep ?
(ngaku takut dengan cara alus..hehe)

Ketua KPPS mulai membacakan hasilnya paslon no 2 dengan suara sah 252, dan paslon no 3 dengan suara sah 292...

ALLAHU AKBAAAAR...ALLAHU AKBAAR !!!

Buset ada yang takbir kenceng bener !! Siapa ni nyalinye gede bener..
tak menunggu, saya kejar ke arah suara... Yaa Rabb.... seorang pria tua berbadan kecil mulai keriput, tinju di udara dan.... kaos sederhana kopiah kumal itu.... belum selesai kaget, menyeruak dari badan badan besar berbaju hitam seorang ibu, juga bertakbir walau tak keras.. dengan tinju ke udara.. bergegas setengah berlari...mungkin tak sabar memberi kabar pada kerabatnya... sempat saya tegur,"selamat ya bu...."
"iya nak, saya senang sekali...alhamdulillah" ah nampak kebanggaan itu....

bergemuruh dada ini....
Pernah liat saya nangis?
Ya saya menangis....

Wahai engkau kopiah kopiah kumal...
Wahai engkau kerudung kerudung pendek...

kalian lebih berani dari kami...
kalian penjaga izzah umat.....

Demi Allah kami cinta kalian.....

@soegeng_noegroho

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item