Yang Didalam Tercermin Dari Luar

Kordinat hari ini, 9 Rojab 1438
Semoga tetap dalam kerendahan hati dan terus membersamai jiwa 😊

Yang Didalam Tercermin Dari Luar


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”

Muttafaqun Alaihi. Sohih
__________
Stop Point

Apa yg diluar mencerminkan apa yg didalam. Apa yg terlihat merefleksikan apa yg tersirat. Apa yg terbuka menunjukkan apa yg disembunyikan.

Meski tak ditakdirkan berfisik ideal, sesuatu didalam akan mengelokkan apa yg diluar. Sehingga batasan dari kenyamanan sulit dijelaskan dengan alasan alasan lahiriyah.

Begitulah alloh menyatukan hati hati orang beriman. Ia tiada berhubungan dengan kaidah laihiryah (tampan, cantik, berada, terkenal), tapi ia diikat dengan bersitan hati yg kadangkala tampak di raut wajah, tata laku, kebiasaan dan adab keseharian.


Mengutip pesan Ibnul Qayyim Aljauziyyah dalam kitab Roudhotul Muhibbiin. Beliau berkata,

“Baiknya batin sebenarnya akan menampakkan baiknya lahiriyah walaupun seseorang tidak memiliki tampan yang elok. Sebenarnya, seseorang akan semakin elok karena semakin baiknya batin yang ia miliki.

Seorang mukmin akan mendapatkan keelokan tersebut tergantung pada kadar imannya. Jika yang lain melihatnya, maka pasti akan menaruh perhatian padanya. Dan siapa saja yang berinteraksi dengannya, pasti akan mencintainya dikarena keelokan yang tampak ketika memandangnya. Maka boleh jadi engkau melihat orang yang sholeh dan sering berbuat baik serta memiliki akhlak yang mulia, engkau lihat kelakuannya sungguh amat baik, padahal boleh jadi wajahnya itu hitam dan kurang menarik.

Lebih-lebih jika Allah memberinya karunia (dengan wajah yang cerah) karena dia giat shalat malam. Sungguh shalat malam itu akan membuat wajah semakin cerah dan indah kala dipandang."


Meski gelapnya hati dan jiwa  ditutup dengan cara cara jelita, sesuatu didalam sana selalu memiliki celah untuk terbuka dan terbaca.

Maka, mulailah menata hati dengan tulus, mulailah peka dengan berakhlak halus (latiif), semoga jalan jalan kita menjadi mulus..

Semoga kita disayang Alloh

Related

Artikel Komunitas Mau Surga 7043883751502202210

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item