Yang berani mendakwahkan imani

Kordinat hari ini, 6 Rojab 1438
Semoga tetap dalam kerendahan hati dan terus membersamai jiwa 😊

Yang berani mendakwahkan imani

حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ الْأَعْمَشِ عَنْ يَحْيَى بْنِ وَثَّابٍ عَنْ شَيْخٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ إِذَا كَانَ مُخَالِطًا النَّاسَ وَيَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ خَيْرٌ مِنْ الْمُسْلِمِ الَّذِي لَا يُخَالِطُ النَّاسَ وَلَا يَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ
قَالَ أَبُو عِيسَى قَالَ ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ كَانَ شُعْبَةُ يَرَى أَنَّهُ ابْنُ عُمَرَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Musa Muhammad bin Al Mutsanna telah bercerita kepada kami Ibnu Abi 'Adi dari Syu'bah dari Sulaiman Al A'masy dari Yahya bin Watsab dari seorang syeikh salah seorang sahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam beliau bersabda:

"Jika seorang muslim bergaul (berinteraksi sosial) dengan orang lain dan bersabar atas gangguan mereka, adalah lebih baik daripada seorang muslim yang tidak bergaul (tidak berinteraksi sosial) dengan orang lain dan tidak bersabar atas gangguan mereka."

HR. Tirmidzi dalam Sunannya . Sahih

_______
Stop Point

Ujian iman, kala kondisi tidak aman dan banyak kemaksiatan. Bukan ketika nyaman, dan penuh kemudahan.

Menjadi baik didunia yg baik adalah keutamaan, meskipun demikian kemuliaan hanya dimiliki orang yg baik, mengajak kebaikan, di dunia penuh ujian.

Dunia sejatinya bercorak dan berwarna. Sehingga setiap orang berada pada kondisi mewarnai atau terwarnai.

Dunia adalah tentang mempengaruhi dan dipengaruhi. Dunia pun sejatinya adalah assiroo baynal haq wal baatil (peperangan antara kebenaran dan kebatilan)

Maka seutama utama dakwah, adalah mereka yg menghijaukan tetaman yg kering, tak subur, dan kerontang. Bukan yg tinggal di dunia nyaman, asri, hijau dan subur.

Dakwah kepada mereka yg baik, adalah keutamaan. Tapi  berdakwah kepada mereka yg minim pandu, dunianya abu abu, adalah seutama utama kemuliaan. Karna ia menapaki jalan jalan para nabi yg membawa kejahilian suatu kaum dalam ketauhidan.

Sabar ketika lapang adalah contoh yg patut. Tapi sabar ketika sempit mencekik, adalah contoh yg layak ditiru.

Hikmah milik orang muslim. Maka dimanapun kita mendapatkannya, maka ambillah.

Hidayah adalah hak Alloh, ia bisa menurunkannya dari tempat sesuci masjid, atau sekotor tempat hiburan. Ia bisa disebabkan ayat sesuci Alquran, atau ecapan hina dari seorang yg banyak dosa.

Semoga kita menjadi orang orang terdepan yg menghijaukan hati seseorang yg butuh dikenalkan dengan keimanan,  bukan menjadi orang orang yg nyaman di dunia hijaunya sendiri.

Semoga kita disayang Alloh.
Akhuukum fillah, momod 😊                       

Related

Artikel Komunitas Mau Surga 8093639966202346125

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item