Kami Rindu Sosok Amirul Mukminin Umar ibnul Khathtab Radhiyallahu 'Anhu



Sahabat yang mulia Ali ibn Abi Thalib Radhiyallahu 'Anhu menuturkan: " saya melihat Amirul Mukminin Umar ibnul Khaththab Radhiyallahu 'Anhu membawa pelana diatas pundakknya dan membawanya keatas gunung "

Saya bertanya: " Ya Amiral Mukminin, mau kemanakan anda? "
Beliau menjawab: " saya akan menangkap seekor unta yang lari, unta itu adalah sadaqah dari seseorang ".


Saya berkata: " anda telah membuat susah Khalifah sesudahmu"

Umar berkata: " jangan engkau berkata begitu, demi Dzat yang mengutus Muhammad dengan benar, jika ada seekor unta tenggelam di sungai Eufrat maka pasti Umar akan dimitai pertanggungan jawabnya di hari kiamat, ketahuilah tidak ada kehormatan sedikitpun bagi penguasa yang menyia-nyiakan kaum muslimin dan tidak ada kehormatan bagi orang- orang fasiq yang menganiaya kaum mukminin" .

Diriwayatkan, suatu hari Amirul Mukminin Umar ibnul Khathtab Radhiyallahu 'Anhu melihat seorang kafir ahlu zimmah meminta-minta dari pintu ke pintu, orang itu sudah tua renta.

Amirul Mukminin berkata kepadanya:" kami tidak akan memberatkanmu wahai orang tua, kami telah mengambil jizyah darimu semasa mudamu, apakah pantas saat ini kami menyia-nyiakanmu? ".

Amirul Mukminin kemudian memerintahkan agar semua kebutuhan hidup orang tua itu ditanggung oleh baitul maal ..

* kami meridukan hadirnya sosok sepertimu Ya Amiral Mukminin?

Related

Ibnu Hasan Aththobari 6357079320872772464

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item