Waspada Hujan Lebat Jabodetabek 15 – 17 Februari 2016

Dari Ka BMKG:



Dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari kedepan, terutama di wilayah Jabodetabek. Dihimbau agar seluruh instansi dan masyarakat bersiaga dalam menghadapi potensi hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi mulai Senin sore hari dan akan semakin lebat pada Selasa dini hari hingga pagi (16 Februari 2016).  Demikian pada hari berikutnya 17 Februari 2016 potensi hujan masih cukup tinggi dengan pola yang hampir sama.

Terpantau mulai hari ini di wilayah Selatan Jabodetabek intensitas hujan relatif meningkat, sehingga perlu diantisipasi beberapa hari kedepan akumulasi curah hujan juga akan semakin tinggi. Kondisi ini terindikasi dari beberapa skala indikator aktifitas atmsofer yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia. Indek fenomena seruakan dingin (cold surge index) dan fase basah Madden Julian Oscilatiion (MJO) masing-masing kembali berkolaborasi dan diperkirakan akan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah. Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat.

Dalam seminggu kedepan, hujan lebat akan kembali berpotensi terjadi di beberapa tempat di Indonesia. Antara lain:
- Sumatera Barat, Kep.Riau, Babel, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung,
- Banten, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Timur
- Bali dan NTB
- Kalimantan Barat dan Tengah
- Papua bagian Selatan.

Melihat masih tingginya potensi curah hujan di Indonesia masyarakat dihimbau terutama di daerah yang termasuk dataran tinggi/pegunungan untuk mengantisipasi kejadian banjir bandang dan tanah longsor. Serta wilayah yang relatif mudah terjadi potensi bencana banjir agar dapat menyiapkan lingkungannya untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin terjadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. melalui:
- call center 0216546315/18
- web.meteo.bmkg.go.id
- follow @infobmkg
atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Hary Tirto Djatmiko
Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG

Related

Indonesia 8440216153896907491

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item