Sekilas Tentang Semangat Para Ulama Dengan Buku

Cemilan malam :




وقال شفيق بن إبراهيم البلخي : قلنا لابن مبارك : إذا صليت معنا لمَ لاتجلس معنا؟ قال أذهب فأجلس مع التابعين والصحابة. قلنا: فأين التابعون والصحابة؟
قال: أذهب فأنظر في علمي فأدرك آثارهم وأعمالهم. ما أصنع بكم؟ أنتم تجلسون تغتابون الناس!.

📌 Berkata Syafiq bin Ibrahim Al Balkhi:
"Suatu saat kami berkata kepada Ibnul Mubarak, "Jika Anda sehabis shalat jamaah bersama kami kenapa Anda tidak duduk2 dulu bersama kami?", beliau menjawab, " Karena aku pergi dan duduk bersama para tabiin dan sahabat", maka kami bertanya, "Dimana ada tabiin dan sahabat?", beliau menjawab, "Aku pergi lalu melihat bukuku, maka aku dapati atsar2 dan perilaku mereka. Kalau aku duduk bersama kalian apa yg bisa aku perbuat? Kalian itu duduk2 lalu membicarakan keburukan manusia".

وكان الزهري -رحمه الله- قد جمع من الكتب شيئاً عظيماً، وكان يلازمها ملازمة شديدة حتى أن زوجته قالت: (والله إن هذه الكتب أشدّ عليّ من ثلاث ضرائر!).

📌 Dahulu Az-Zuhri telah mengumpulkan banyak sekali dari buku2, dan beliau sangat betah untuk menemani buku2nya sampai2 istrinya berkata, "Demi Allah, sungguh buku2 ini telah membuat aku lebih cemburu daripada 3 istri yang lain".

📚 Dinukil dari kitab "Kaifa Taqra' Kitaban" karya Syaikh Al Munajjid.

Related

Kisah Ulama 9097611496311917853

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item