Studi Di Arab Saudi (Bagian I)

Bagian I : Mengetahui Beasiswa Studi Di Arab Saudi.
Oleh : Abu Zaid Sunni

ِA. Pendahuluan

Arab Saudi merupakan Negara yang diberkahi insya Allaah, hal ini disebabkan Arab Saudi merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang melaksanakan hukum Islam, juga karena adanya dua kota yang dijaga malaikat, yaitu kota Mekkah dan Madinah, dua kota yang tidak akan sanggup di masuki oleh Dajjal pada hari kiamat.

Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:  “Tidaklah setiap negri melainkan Dajjal akan menginjakkan kakinya di sana kecuali Makkah dan Madinah. Dan tidaklah setiap pintu masuk kota tersebut melainkan ada para malaikat yang berbaris menjaganya. Lalu Dajjal singgah di Sapha, kemudian Madinah berguncang tiga kali dan melemparkan setiap orang kafir dan munafik dari dalamnya menuju ke tempat Dajjal." (HR. Bukhari  dan Muslim, redaksinya berasal dari Muslim)

Arab Saudi merupakan pusat sumber dan perkembangan ilmu syar’i. Selain itu, Arab Saudi juga menyediakan beasiswa bagi pelajar-pelajar berprestasi di seluruh dunia untuk kuliah di berbagai Universitas terkemuka Arab Saudi.
Program ini merupakan implementasi dari perhatian kerajaan yang sangat besar terhadap pengembangan dan publikasi ilmu pengetahuan dan peningkatan karya ilmiah, dan kontribusi nyata kerajaan dalam membangun komunikasi yang berkesinambungan dengan bangsa-bangsa di seluruh dunia dalam bidang ilmu, kebudayaan, dan kemajuan peradaban manusia. Program ini terbuka untuk semua jurusan ilmu pengetahuan umum, tidak hanya untuk studi keislaman saja.

Melalui tulisan ini, penulis akan menjelaskan beberapa hal yang terkait dengan studi di Arab Saudi. Tulisan ini akan dibagi beberapa tema dan akan ditulis secara berseri/bersambung insya Allaah. Tema tulisan akan meliputi :
  1. Mengetahui beasiswa studi di Arab Saudi.
  2. Proses Apilkasi Beasiswa.
  3. Berbagi pengalaman penulis dalam mendapatkan beasiswa di Universitas Qassim – Arab Saudi.
  4. Mengenal Universitas Qassim dan beasiswa di Universitas Qassim – Arab Saudi.

Tulisan ini bertujuan menceritakan nikmat dari Allaah seperti anjuran surat Dhuha dan sebagai pelajaran bagi yang ingin kuliah di Arab Saudi dan Universitas Qassim khususnya, agar lebih mudah untuk mempersiapkan dan menjalani prosesnya.

B. Beberapa Alasan Kuliah di Arab Saudi.

Ada berbagai alasan untuk menjatuhkan pilihan melanjutkan studi ke salah satu universitas di Arab Saudi, antara lain:
  1. Perguruan-perguruan tinggi yang unggul dan berkelas dunia, beberapa Universitas termasuk perguruan tinggi terbaik di dunia.
  2. Suasana dan lingkungan keilmuan yang kondusif, di mana terdapat berbagai lembaga dan pusat penelitian dan pengkajian yang diakui dan terus berkembang pesat pada masing-masing Universitas.
  3. Sivitas akademik multinasional; saat ini mahasiswa yang menuntut ilmu di Arab Saudi berasal dari lebih 165 negara dunia. Demikian juga dengan tenaga edukatif berasal dari berbagai negara.
  4. Pelayanan dan fasilitas istimewa bagi setiap mahasiswa penerima beasiswa.
  5. Lingkungan pergaulan yang aman dari fitnah, terutama fitnah wanita. Hal ini disebabkan adanya pemisahan antara kampus laki – laki dan kampus wanita. Tidak ada ikhtilath pada univeristas di Saudi insya Allaah, karena semua mahasiswa, dosen dan staf kampus berasal dari satu jenis kelamin, laki – laki atau wanita. Lingkungan ini dapat menambah mudahnya memahami dan mendapatkan ilmu yang kita pelajari insya Allaah.
  6. Keamanan lingkungan yang terjamin. Tidak pernah ada barang yang hilang, baik di kampus, di asrama atau di luar. Hal ini penulis alami ketika penulis berada di bandara Qassim, penulis pergi shalat shubuh di masjid bandara dengan meninggalkan tas, laptop dan koper di ruang tunggu bandara. Alhamdulillaah sekembalinya dari shalat shubuh, barang – barang masih utuh.
C. Persyaratan Umum Penerima Beasiswa
  1. Syarat-syarat yang berlaku bagi calon mahasiswa lokal juga berlaku bagi calon penerima beasiswa dari luar Arab Saudi.
  2. Usia minimal 17 tahun, maksimal 25 tahun dan mengikuti kursus Bahasa Arab pada lembaga yang diakui, untuk Strata I (S1). Untuk strata dua (S2) usia maksimal 30 tahun, dan 35 tahun untuk S3. Persyaratan ini tidak mutlak karena setiap universitas berbeda dalam hal persyaratan tersebut. Hal ini penulis alami sendiri, yaitu usia penulis ketika diterima adalah 38 tahun.
  3. Nilai IPK masuk kategori “baik sekali/jayyid jiddan/very good”.
  4. Nilai bahasa inggris (TOEFL/ILT/GMAT/GRE) untuk yang mengambil studi jurusan ilmu umum selain jurusan ilmu syar’i, khusus bagi yang sudah dinyatakan diterima.
  5. Hasil pemeriksaan kesehatan (medical check), khusus bagi yang sudah dinyatakan diterima.
  6. Terjemah & legalisir ijazah dari pihak yang berwewenang, khusus bagi yang sudah dinyatakan diterima.
  7. Izin resmi dari pemerintah setempat bagi calon mahasiswa yang berasal dari negara yang mewajibkan syarat yang sama untuk pelajar Saudi yang ingin belajar di negara itu.
  8. Tidak menerima beasiswa sejenis dari lembaga pendidikan lain di Arab Saudi.
  9. Tidak pernah di-drop out dari salah satu perguruan tinggi Arab Saudi.
D. Fasilitas dan Layanan

1. Tiket berangkat, liburan pulang-pergi, ke negara asal setiap tahun.
2. Asrama yang representative dan kondusif.
3. Tunjangan beasiswa yang diberikan setiap bulan.
4. Buku pelajaran yang diberikan gratis.
5. Jaminan kesehatan bagi penerima beasiswa dan keluarga yang menyertai.
6. Seluruh fasilitas dan layanan yang diterima oleh mahasiswa Arab Saudi.

E. Prosedur Permohonan Beasiswa

Permohonan beasiswa dapat diajukan melalui prosedur berikut:
  1. Mengajukan permohonan langsung kepada Universitas yang diminati    melalui website resmi Universitas dimaksud. Cara ini lebih mudah dan lebih cepat. (lihat Link Elektronik Universitas Arab Saudi di bawah).
  2. Mengajukan permohonan kepada Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi yang ada di negara pemohon, atau langsung ke Kedutaan Besar Arab Saudi jika tidak terdapat Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan Arab Saudi di negara pemohon.
F. Link Elektronik Universitas Arab Saudi

1. Universitas Ummul Qura: www.uqu.edu.sa
2. Universitas Islam Madinah www.iu.edu.sa
3. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud: www.imam.edu.sa
4. Universitas al-Malik Saud www.ksu.edu.sa
5. Universitas al-Malik Abdul Aziz: www.kau.edu.sa
6. Universitas Perminyakan dan Mineral Raja Fahd: www.kfupm.edu.sa
7. Universitas Malik Faishal : www.kfu.sa
8. Universitas Al-Malik Khalid: www.portal.kku.edu.sa
9. Universitas Al-Qassim : www.qu.edu.sa
10. Universitas Thaibah : www.taibahu.edu.sa
11. Universitas At-Thaif : www.tu.edu.sa
12. Universitas Al-Hail : www.uoh.edu.sa
13. Universitas Jazan : www.jazanu.edu.sa
14. Universitas Al-Jauf : www.ju.edu.sa
15. Universitas Al-Baha : www.portal.bu.edu.sa
16. Universitas Tabuk : www.ut.edu.sa
17. Universitas Nejran : www.nu.edu.sa
18. Universitas Al-Hudud As-Syamaliah : www.nbu.sa
19. Universitas Al-Amirah Naurah bin Abdurrahman : www.pnu.edu.sa
20. Universitas Adammam : www.ud.edu.sa
21. Universitas Salman bin Abdul Aziz : www.ku.edu.sa
22. Universitas Syaqra : www.su.edu.sa
23. Universitas Al-Mujamma’ah : www.mu.edu.sa
24. Universitas Malik Abdullah (Sains dan Teknologi): www.kaust.edu.sa

Allaahu A’lam. Semoga bermanfa’at.

Sumber Group FB Studi Di Arab Saudi

Related

Arab Saudi 791036619661494391

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item