Studi Di Arab Saudi (Bagian III)


Bagian III : Berbagi Pengalaman Penulis Dalam Mendapatkan Beasiswa di Universitas Qassim – Arab Saudi
Oleh : Abu Zaid Sunni

A. Pendahuluan

Dengan modal tawakkal kepada Allaah dan semangat belajar, saya berusaha untuk bisa melanjutkan studi ke S2 dengan mencari beasiswa, karena jika studi S2 tanpa beasiswa akan mahal sekali biayanya apalagi untuk program teknik.

Saya mendapat info beasiswa di Arab Saudi dari facebook Qiblati. Saya copy untuk saya simpan sebagai arsip. Lain waktu saya coba buka seluruh website, tapi agak sulit servernya. Berkali – kali saya buka, akhirnya beberapa website bisa terbuka, di antaranya website universitas Qassim Alhamdulillaah.



Pertama kali saya lihat di website yang terbuka adalah persyaratan umur dan nilai IPK untuk mendapatkan beasiswa, karena umur saya ketika itu adalah 37 tahun. Banyak universitas mensyaratkan umur maksimal 30 – 35 tahun untuk syarat mendaftar program S2. Hampir putus harapan saya ketika itu.

Ketika saya lihat website Universitas Qassim, mulai ada jalan terang, karena Univeristas Qassim tidak mensyaratkan umur maksimal untuk mendaftar program S2.

B. Komunikasi Dengan Qassim
Tepat tanggal 28 Desember 2013, saya kirim email, gsd@qu.edu.sa, dalam bahasa inggris ke Univeristas Qassim, yang isinya sebagai berikut :

“Umur saya sudah 37 tahun lulusan S1 Teknik Sipil. Saya benar – benar ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu program Master. Apakah saya bisa daftar untuk mendapatkan beasiswa kuliah S2 Teknik?”

Alhamdulillaah ada respon baik dari Universitas Qassim, dengan memberikan waktu pendaftaran tanggal 11 Januari – 5 Februari 2014. dan link pendaftaran aplikasi beasiswa.

C. Mempersiapkan Berkas Pendaftaran


Sambil menunggu waktu pendaftaran, saya mempersiapkan berkas, yaitu :

1. Legalisir ijazah dan transkip nilai yang telah diterjemahkan dari kampus.
2. Meminta rekomendasi dosen di jurusan.
3. Membuat passport melalui on line.
D. Mendaftar Beasiswa On Line


Tepat tanggal 16 Januari 2014, saya coba buka link Univeristas Qassim untuk pendaftaran beasiswa on line, tapi sulit sekali masuk ke servernya. Setelah berkali – kali coba, akhirnya bisa juga buka linknya. Linknya adalah sebagai berikut : http://www.gsd.qu.edu.sa/Pages/default.aspx & https://srv.qu.edu.sa/qu/init….

Pada link tersebut terdapat form yang harus diisi, yaitu :

1. Program yang akan kita ambil, misalkan kita ambil S2, maka kita isi majister.
2. User name dan passowrdnya.
3. Nama pendaftar, meliputi nama depan, nama tengah, nama belakang, nama ayah, nama kakek. Untuk nama ini, ada dua bahasa yang harus diisi, yaitu nama dalam bahasa arab dan nama dalam bahasa ingris.
4. Kewarganegaraan.
5. Nomor hp.
6. Status pernikahan.
7. Status kesehatan.
8. Tanggal lahir, harus diisi dengan bulan hijriyah.
9. Status pekerjaan.
10. Nilai TOEFL. Jika belum ada nilai TOEFL bisa diisi laa yuujad (tidak ada).
11. Negara tempat dikeluarkannya ijazah.
12. Nama univeristas dan jurusan yang pernah diambil.
13. Nilai IPK dan statusnya apakah very good/jayyid jiddan atau tidak. Status akan keluar otomatis ketika nilai IPK terisi.
14. Tahun dikeluarkannya ijazah, diisi dengan tahun Hijriyah.
15. Nama dan nomor hp seseorang yang bisa dihubungi.
16. Lokasi kampus, fakultas dan jurusan yang akan diambil.

E. Bertawakkal Setelah Berusaha

Setelah saya selesai daftar on line, saya serahkan kepada Allaah keputusannnya. Saya sempat pesimis juga karena di akhir pendaftaran ada tulisan :

“لم يتم حفظ طلب الالتحاق" / "Not saved application”.

Artinya berkas pendaftaran saya tidak tersimpan yang berarti saya belum dianggap mendaftar. Saya Tanya ke pihak Universitas Qassim, mengapa hal itu terjadi? Tapi tidak ada jawaban. Saya tidak memikirkan diterima atau tidaknya, yang penting bagi saya sudah berusaha mendaftar, keputusan di Tangan Allaah.

F. Kabar Gembira Yang Membingungkan


Tanggal 27 Nopember 2014, saya mendapat email seseorang yang menggemberikan sekaligus membingungkan.
Email dengan subyek Qassim University dari seseorang yang baru masuk ke email saya, memberikan ucapan selamat kepada empat penerima email atas diterimanya beasiswa belajar Magister Teknik. Email tersebut berisi :

“Congratulation acceptence of Qassim University Faculty of Engginering... and keep you. I hope the English language requirement is sent quickly even send you a visa quickly. I also hope to locate the city to send her visa. Thank you.”

Email tersebut menggembirakan karena berisi ucapan selamat atas diterimanya penerima email untuk belajar program Magister, tapi juga membingungkan karena email berasal dari email pribadi staff Universitas Qassim bukan email email resmi Universitas Qassim. Saya khawatir penipuan.
Saya Tanya orang tersebut, apakah benar dari Universitas Qassim? Orang tersebut menjawab benar dari Universitas Qassim.

Orang tersebut menyuruh saya untuk mengirim nilai kemampuan bahasa inggris/TOEFL dan akan mengirim visa setelah saya mengirim nilai TOEFL. Dengan rasa masih bingung, saya turuti untuk mengirim nilai TOEFL setelah lebih dari dua (2) minggu kemudian, dan menanyakan kapan visa akan turun. Orang tersebut tidak bisa menjawab, hanya berkata tunggu saja.

Saya Tanya teman di dunia maya yang kuliah di Arab Saudi, biasanya berapa lama visa turun setelah pengumuman? Lalu dijawab maksimal 6 bulan. Saya pikir masih 6 bulan lagi, maka saya serahkan kepada Allaah keputusannya.

G. Tanggal 18 Januari 2015

Pada tanggal 18 Januari 2015, saya mendapat email yang tidak saya perkirakan. Dari Univeristas Qassim telah megirim visa panggilan untuk belajar ke Universitas Qassim, dan menyuruh segera untuk mengurus visa di negri Indonesia. Kabar inilah lebih meyakinkan saya bahwa saya diterima di Universitas Qassim karena mengirim lampiran menggunakan kertas berkop Universitas Qassim & Kementrian Pendidikan Tinggi Arab Saudi.


"الحمد لله, هذا من فضل ربي"

Allaahu A’lam. Semoga bermanfa’at.

di ambil dari group fb Studi Di Arab Saudi

Related

Informasi 1301328469320167454

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item