Tatacara Niat Shalatnya dan tatacara melakukan Shalat Sunnah Gerhana Matahari dan Bulan


.
Berikut bacaan Niat Shalat Gerhana Bulan atau Gerhana Matahari :
.
Niat shalat sunnah Gerhana Bulan
.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
.
Ushoollii Sunnatal Khusuufil-Qomari Rak’ataini Lillahi Ta’alaa
Saya niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Bulan dua rakaat karena Allah ta’ala.
.
Niat Sholat Sunnah Gerhana Matahari
.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِكُسُوْفِ الشَّمسِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
.
Ushoollii Sunnatal Kusuufis-Syamsi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa.
Aku niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Matahari dua rakaat karena Allah ta’ala.
.
1. Sholat Gerhana matahari dan bulan hukumnya adalah sunnah mu'akkadah, sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap pribadi muslim. Jikalau seorang tidak melakukannya dan sudah habis waktunya tidak perlu untuk di qodho'i.
.
Seorang muslim melakukan sholat gerhana baik bulan maupun matahari sebanyak 2 roka'at, yang mana setiap rokaatnya terdapat 2 kali berdiri dan dipanjangkan bacaan suratnya, juga 2 ruku' dan dipanjangkan atau diperbanyak membaca tasbihnya dan sujudnya seperti sujud pada sholat umumnya. Jadi praktek jelasnya seorang takbir dan niat kemudian membaca fatihah dan surah yang panjang kemudian ruku' lalu berdiri kembali membaca fatihah dan surah panjang yang lebih pendek dari sebelumnya lalu ruku' dan i'tidal lalu sujud lalu duduk diantara 2 sujud lalu sujud kembali dan berdiri kembali untuk melakukan hal yang sama diroka'at yang kedua.
.
Setelah sholat sang imam kemudian khotbah sebanyak 2 kali dan seorang imam ketika gerhana matahari membaca pelan surah dalam sholat sedangkan di gerhana bulan membaca keras suaranya.
(Sumber Kitab Minhajul 'Abidin)
.
2. Bab sholat dua gerhana (Bulan-Matahari), sholat dua gerhana ini hukumnya sunnah.
.
Seseorang yg ingin sholat gerhana,pertama2 dia bertakbiratul ihram dibarengi berniat dalam hatinya "sahjaku aku sholat gerhana matahari menjadi makmum/imam sunat karena Allah ta'ala.
.
Kemudian apabila dia sholat sendirian atau menjadi imam.
.
Di raka'at pertama : sesudah membaca do'a iftitah dan ta'awuzd lalu dia membaca fatihah, lalu ruku', kemudian dia bangun dari ruku' dgn membaca sami'allah liman hamidah.
.
Setelah bangun dari ruku tadi, dia membaca surah Al-fatihah lagi, kemudian ruku lagi, jangan bingung jikalau imam nya dua kali ruku.
.
Setelah ruku yg kedua, dia beri'tidal lagi untuk kedua kalinya dgn membaca sami'allah liman hamidah. Setalah itu sujud terus duduk antara 2 sujud, kmudian sujud lagi lalu naik ke raka'at kedua dan diraka'at kedua dia juga melakukan seperti diatas raka'at pertama
(Sumber Kitab Fathul Qorib)
.
Allaahumma shollii 'alaa sayyidinaaa Muhammadin wa 'alaa aalih sayyidinaaa Muhammad
.
Sayyidina Rasuliillahi Shollaallloohu ‘Alaihi Wasallam bersabda : Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.
(HR. Imam Muslim)
Silahkan Share atau Copy Paste.
Wassallam : Al-faqir Abdul Qodir Al-Busthomi

Related

GERHANA MATAHARI TOTAL 6688449091808521351

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item