Alfatihah




Alfatihah, surat pendek yang dibaca tiap kali Shalat ini sulit untuk diamalkan. Namun mengamalkannya boleh jadi adalah kunci keutamaan.

Orang yang sudah mengamalkan "Segala Puji hanya milik Allah, tuhan semesta alam" berarti hatinya tidak bergeser sedikitpun ketika dipuji atau dicela, tidak berang dan tidak pula senang.

Orang yang sudah mengamalkan ayat berikutnya yang diawali dengan "Ar-Rahman" berarti tidak takut lagi dengan ketidakpastian masa depan, karena sudah yakin se yakin2nya bahwa Allah telah menjamin takaran rezekinya.

Bukankah Ibunda Hajar dan Ismail pernah "terdampar" ditengah gurun panas dan sangat gersang. Namun karena Allah telah menetapkan rizki, maka munculah air zamzam.

Ketakutan yang membelenggu kreatifitas saya, melemahkan daya cipta barangkali karena saya belum bisa mengamalkan Alfatihah. Ketakutan saya untuk mengeksekusi ide barangkali karena saya belum sepenuhnya meresapi "Ar-Rahman", Dzat yang telah menakar rezeki dgn sempurna, sehingga saya takut menghadapi ketidakpastian yang muncul ketika mengeksekusi ide.

Ketidaksabaran saya dalam memelihara baby step barangkali karena belum sepenuhnya mengamalkan surat Al-Insyirah : Dibalik kesusahan ada kemudahan.

.......

Saya membayangkan jika saja sebagian besar kelas menengah dari umat dan bangsa ini memiliki ide atau visi yang muncul dari hatinya, lalu mengeksekusinya dengan keyakinan akan pertolongan Allah, lantas membangun baby step yang dipelihara pelan dan penuh ketekunan dengan semangat :

"Inna ma'al 'usri yusra" (dibalik kesusahan ada kemudahan).

Maka kita tak akan lagi menjadi buih.

Karena visi/ide besar, tanpa ditindaklanjuti dengan baby step yang clear dan terukur berarti khayalan atau panjang angan-angan.

Dan Rasulullah membenci panjang angan angan.

Oleh: Zulkaida Akbar

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item