Apa tujuan sebenarnya Erdogan mengunjungi Putin dan benarkah Erdogan meminta maaf kepada Putin? -- Lurusin beritanya nyokk





Beredar berita yang menyatakan bahwa presiden Turki Tayyip Erdogan mengirim surat permintaan maaf kepada presiden Rusia, Vladimir Putin, atas insiden pesawat milik Rusia yang ditembak jatuh oleh Turki pada November 2015.


Faktanya Surat yang dikirim Erdogan bukan permintaan maaf "kepada Putin", namun permintaan maaf dan belasungkawa kepada keluarga Oleg Peshkov, pilot Su-24 yang tewas ditembak jatuh oleh Turki.

"Sekali lagi saya ingin berbagi rasa sakit dengan keluarga pilot Rusia yang meninggal dan mengungkapkan kepada mereka belasungkawa. Saya katakan kepada mereka - "Maaf" - dikutip dari kata Anadolu Agency dari perwakilan surat Erdogan, Ibrahim Kalyn..

Sebelumnya pada 3 Desember 2015 rasa belangsungkawa juga telah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu yang menyatakan belasungkawa atas wafatnya Pilot Su-24 milik Rusia.

http://vz.ru/news/2016/6/27/818325.html

Kunjungan presiden Erdogan ke St. Petersburg menemui presiden Putin pada 9 Agustus 2016 untuk memulihkan hubungan Turki-Rusia dalam bidang ekonomi, diplomatik, membahas konflik Suriah dan Ukraina, serta membahas tekanan dari As dan Uni Eropa.

Walaupun pembicaraan banyak mengalami jalan buntu, bukan berarti pertemuan di St. Petersburg pada 9 Agustus 2016 gagal. Sebaliknya, itu hanya langkah awal menuju pemulihan hubungan bilateral ke tingkat yang lebih baik.

http://ria.ru/analytics/20160809/1473968833.html

Pertemuan Erdogan dan Putin membuat pihak Uni Eropa dan NATO terkesan panik dan menafsirkan pertemuan mereka sangat simbolis dan Turki dianggap akan merapat ke Moskow.

"Pertemuan di St. Petersburg memungkinkan Erdogan untuk merapat ke Barat untuk dimemahami bahwa Turki siap untuk mencari lokasi di Moskow - untuk penyeimbang pengaruh Barat di Timur Tengah", - tulis Wall Street Journal .
http://www.wsj.com/…/putin-and-erdogan-meet-to-restore-ties…

Washington Post melaporkan kekhawatiran Analis yang percaya bahwa Erdogan mulai melangkah menuju Rusia "dapat memperbaiki pemindahtanganan Turki dari sekutu lamanya."
https://www.washingtonpost.com/…/43c19884-5d93-11e6-84c1-6d…

Kunjungan Erdogan ke St.Petersburg menegaskan bahwa Turki sedang mencari mitra di luar Uni Eropa dan NATO, bukan untuk menyatakan akan keluar dari NATO. Turki sedang mencoba lebih dekat dengan Rusia dengan mempertimbangkan dari sisi manfaat, bukan tentang ideologi.
http://www.tagesspiegel.de/…/tuerkei-und-russ…/13981142.html

Juga beredar gambar dengan klaim "Erdogan sujud meminta maaf kepada Putin". Gambar itu hanya lelucon hasil editan menggabungkan dua gambar berbeda, bahkan seorang blogger menyatakan candaanya mungkin sebentar lagi akan menyebar, Anda akan melihat berita dengan judul "Petir, menyambar! Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba-tiba, tanpa peringatan, ia datang ke Moskow! ".

Gambar asli Erdogan sedang sholat Jumat di Masjid Istiqlal, jakarta.
http://en.tempo.co/…/Photos-Turkish-President-Erdogan-Att…/4

Gambar itu muncul pada tahun 2015 setelah Erdogan menanggapi pernyataan Departemen Pertahanan Rusia yang menuduh keluarganya terlibat dalam perdagangan minyak dari ISIS.
http://ura.ru/news/1052232780

Gambar itu banyak digunakan untuk propaganda negatif yang mengklaim Erdogan telah bertekuklutut kepada Putin dan meminta maaf hingga mau mencium tangan Putin.

http://pkspuyenganonline.blogspot.co.id/…/erdogan-menyesal-…

https://new.vk.com/wall-58128204_3342

Apa tujuan ane menulis ini, apakah ane fans Erdogan atau hater Erdogan? Ane mah ngefans Joni Iskandar dan hater warteg sebelah yg sekarang ga bisa dihutangin, kalo masalah politik ane mah mengakui terlalu bodoh dan memilih untuk menjadi bodoh. Artikel ini cuman pembanding dari berita media2 Indonesia yang banyak mengambil sumber dari media AS dan UK.

‪#‎JoniIskandar‬

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item