URGENSI KELUARGA SAKINAH, KELUARGA ISLAMI (Bag-2)


 Pemateri: Ustzh Aan Rohana Lc. M Ag.

Islam sebagai agama yang sesuai dengan fitrah manusia dapat menyelamatkan  manusia dari krisisis moral melalui pembentukan keluarga yang sakinah; keluarga yang Islami.

Karena itu keluarga muslim harus kembali kepada ajaran Islam, sebab  Islam telah memberikan perhatian yang besar dalam membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah yang selalu diberkahi Allah SWT.

Hal tersebut telah terbukti dalam sejarah bahwa Rasulullah dan para sahabat mampu menciptakan rumah sebagai surga dalam suka dan duka serta mereka sukses melahirkan generasi terbaik dalam sejarah kehidupan manusia.

Berkeluarga harus diawali dengan akad pernikahan yang sah sebagai ikatan bersatunya suami istri. 

Akad nikah yang sah harus berdasarkan alquran dan hadits Rasulullah. Sebab pernikahan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari agama. Sebagaimana sabda Rasulullah S.A.W.


من رزقه الله امراة صالحة فقد اعانه علي شطر دينه فليتق الله  في الشطر الباقي.

Artinya: " Barang siapa yang diberi rizki oleh Allah berupa wanita shalihah, maka Allah telah menolongnya setengah dari agamanya. Maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam setengah yang lain". ( HR. Thabroni dan Hakim).

Dengan pernikahan yang sah sesuai Quran dan hadis maka bertambahlah kasih sayang antara suami istri.

Masing-masing akan merasakan ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan. Sesuai dengan firman Allah dalam QS. 30 : 21 yang sudah ditulis diatas .

ومن اياته ان خلق لكم من انفسكم ازواجا لتسكنوا اليها وجعل بينكم مودة ورحمة ان في ذالك لأيات لقوم يتفكرون

Artinya: " Dan dari tanda2 kebesaran-Nya adalah  Dia telah menciptakan untuk kalian pasangan dari jiwa kalian sendiri agar kalian merasa tenang dan senang kepadanya dan Dia telah menjadikan  rasa  cinta dan kasih sayang diantara kalian. Sesungguhnya pada hal yang demikian itu terdapat tanda2 kebesaran Allah  bagi orang2 yang berfikir" ( QS. 30 : 21)

Maka pernikahan yang sah ini menjadi fondasi terbentuknya keluarga yang sakinah.

Jika suami istri bisa menyatukan visi dan misi serta persepsi dan kiprah mereka dalam berkeluarga maka akan terbentuk rumah tangga yang kokoh yang berpijak pada kasih sayang untuk bersama-sama berjuang mencapai visi dan misi keluarganya menjadikan seluruh anggota keluarga sebagai permata hati dan imam bagi orang-orang  yang bertakwa. 

Sebagaimana doa kita semua yang sering kita panjatkan kepada Allah

ربنا هب لنا من ازواجنا وذرياتنا قرة اعين واجعلنا للمتقين اماما

 Artinya:
Wahai Rob kami anugrahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai permata hati dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa". (QS. 25:74)

Suksesnya membentuk keluarga yang sakinah sekaligus  keluarga yang Islami menjadi fondasi terhadap terbentuknya masyarakat madani.

Pada saat yang sama keluarga seperti itu merupakakan bagian penting yang harus ada dalam membangun bangsa dan negara sebagai baldatun thayyibatun wa robbun ghafuur.

Karena itu mari kita perbaiki diri kita masing-masing untuk menjadi muslim yang berkepribadian Islami dan bersama pasangan kita masing-masing bekerjasama membentuk keluarga yang sakinah; keluarga yang Islami. 

Serta tidak lupa menyiapkan keluarga untuk bisa berkontribusi pada perbaikan  masyarakat, bangsa dan negara yang beragama dan bermartabat.

📚 Ada beberapa unsur yang asasi dalam pembentukan keluarga sakinah; keluarga Islami diantaranya yaitu :

🍀1⃣. dibangun atas dasar takwa dan ingin beribadah kepada Allah semata.

🍀2⃣. adanya internalisasi nilai2 Islam dalam keluarga.

🍀3⃣. Saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.

🍀4⃣. Situasi rumah yang kondusif dalam menerapkan nilai2 Islam.

🍀5⃣. Terbentengi dari pengaruh lingkungan yang buruk,

🍀6⃣. Dll. Insya Allah akan dijelaskan pada materi sesi berikutnya.😊😊😊

Wallahu a'lam bishshawaab

Related

KELUARGA SAMARA 3335594614172150839

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item