HIDUP BERJAMAAH

Pesan Pasca Ramadhan (14 Syawal 1437H)



Di Kompek Perumahan Hartaco Indah, Makassar, ada cerita menarik. Umumnya mereka yg berumur panjang adalah yg aktif shalat berjamaah di mesjid yg dibangun secara gotong royong oleh masy yg tinggal di komplek ini. Mesjidnya terus diperbaiki dan saat ini sdh sangat nyaman, bersih, full AC, sound system yg baik, dan imamnya dipilih dan digaji tetap. Yg lebih menarik lg waktu diceritakan bahwa para Lansia yg menjadi jamaah tetap umumnya bertahan sampai di atas 70 tahun dan tetap kuat shalat berjamaah 5 waktu. Jarang sekali yg kedengaran sakit dan kalau ada yg wafat pas sedang dalam berbuat kebaikan.

Data empris di atas sama dgn bukti ilmiah di beberapa negara maju bahwa aktifitas religius yg dilakukan dalam berkolompok sangat membantu kualitas hidup para usia lanjut. Pertemuan dalam nuansa keagamaan memberiikan dampak positif terhadap sel2 dalam tubuh kita. Hormon endorfin pada mereka yg aktif berjamaah dalam suasana penuh toleransi dan kasih sayang lebih tinggi dibanding yg jarang atau tdk aktif sama sekali.

Alhamdulillah, semakin banyak kita melihat mesjid yg dikelola dgn baik dan dipenuhi jamaah saat waktu shalat. Begitupun banyak yg aktif duduk berkelompok-kelompok baik kelompok ibu2, bapak2, remaja2 dan anak2  dalam membaca dan mempelajariAl-Qur'an setelah shalat. Mereka memperoleh ketenangan yg besar dengan berjamaah seperti itu.

Maha Benar firman Allah: wa aqiimushshalaata wa aatuzzakaata warka'uu ma'arraaki'iin (QS Al-Baqarah 2:43). Artinya: Dan lakukanlah shalat, tunaikan zakat, dan ruku'lah beserta orang2 yg ruku'.

Aktiflah dalam berjamaah di mesjid karena rahmat Allah ada dalam satu jamaah.

Prof. Venny Hadju (Guru Besar UnHas

Related

Artikel Komunitas Mau Surga 783128245144924079

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item