Koordinat Surga : ARTI HIDUP : MULAI BERBENAH BAG 4

KORDINAT HARI INI
(1⃣5⃣ SYAWWAL 1437/ 2⃣0⃣ JULI 2016)

💡 ARTI HIDUP : MULAI BERBENAH BAG 4
semoga tetap dalam kerendahan hati dan terus membersamai jiwa😊

Sob, menyambung kajian kemarin, dah jelas jawabannya, sebenarnya kita cinta Alloh apa engga?

Kalau dilihat lihat ciri orang yg cinta Alloh seperti paparan kemarin yg dijelaskan Ibnul Qoyyim, serasa kita masih jauh.

Kalaupun iman naik turun, kayaknya trend cinta kita lebih jauh dibanding engganya. TREND SELINGKUH yg lebih banyak.

Jadi kuncinya memang mencintai itu butuh usaha, butuh dirawat.

Kenapa banyak yg gagal ngerawat cinta sama Alloh? karena cintanya ditanam di media (hati) yg kurang nutrisi.

Ibarat tanaman, ia bisa tumbuh segar mengikuti alur tumbuhnya kalo berada di.media yg sesuai dengan kebutuhannya yg kaya unsur haranya. C, H, O, N nya tercukupi.

Jadi bagaimana memulai hijrah untuk akhirnya menjadi pengabdi yg manteng ama Alloh dengan ketaatan yg berbasis cinta? Siapin tempat dan media tanam yg siap untuk menerima cahaya Alloh.

Siapin hati kita. Rajin bebenah n bersihin hati. Latih hati agar bisa memimpin akal dan nafsu.

Karna sifat hati yg munqolib (berbolak balik), selain berdoa ama Alloh agar hati kita cenderung ama ketaatan, harus ada usaha untuk mentreatment hati.

Bgaimana cara mempersiapkan hati,mentreatmentnya dan siap hati untuk menerima cahaya Alloh yg akan memudahkan kita untuk mencintainya?

1. Identifikasi kondisi hati kita dulu. Gimana mau treatment kalao kondisi aktual hati, kita gak tau. Harus dikenali dulu hati kita sekarang lagi sehat apa sakit. Kalau sehat itu 10 sakit parah itu 1, nah kita harus bisa duga kita ada di range berapa.

2. Setelah tau hati kita di range berapa, baru cari obat or treatment yg tepat agar hati kembali sehat. Nabi, sahabat, Para salafus saalih paling tau obat obat penyakit hati. Makanya ngobatin itu harus sesuai penyakitnya. Sakit kepala karna bermasalah pencernaan, ya obatnya hrus ngobatin pencernaannya. Gak cuma.gabyak kasih obat anti nyeri panadol. Kalo itu kejadiannya, nanti.muncul.lagi.

3. Riyadhoh. Latih disiplin fisik, hati, akal jalanin obat untuk ngobatin. Ibarat penyakit TBC, obatnya jangan kelewat barang seharipun. Kalo lewat ulang lagi, ulang lagi. DI fase ini banyak orang yg gagal. Di fase ini perjalanan tanpa henti dimulai. Di fase ini banyak yg gak lulus.

4. Fase sehatnya hati. Di fase ini, mulai tumbuh perasaan tanpa henti ngerasa deket dan akrab ama Alloh. Ibadah bukan beban. Perasaan Alloh selalu hadir dalam detik.menit kita tervisualisasikan sangat kuat. Rem melakukan maksiat begitu kuat. Ridho dengan apapun yg alloh kasih sangat kental. Inginnya, makin akrab makin akrab lagi. Kalo tdinya cuma solat, jdinya pingin dan butuh solat jamaah. Tadinya cuma puasa wajib, jdi pingin shaum sunnah. Jalanin itu semua bukan krn list kewajiban. Cuma karna butuh dekat, pingin taat, pingin bercengkrama.

5. Fase kematangan hati. Fase dimana hati trendnya manteng terus ama Alloh. Ada apa apa, Alloh dulu. Pas lgi ada apa apa, Alloh lagi. Di mana mana, Alloh terus. Perasaan ihsan (kondisi dimana kita merasa kehadiran alloh ada) ada dalam setiap aktivitas. Di fase ini, kata Alloh seseorang akan memiliki perasaan 'laa khoufun alaihim walaa hum yahzanuun'. Perasaan jalanib sesuatu apapun tanpa takut dan tanpa bersedih hati karna hati yg sehat sudah diisi cahaya alloh (hidayah) dalam pengabdian yg menunjukan ketaatan tanpa pamrih karna seorang hamba sudah mencintai Rabbnya.


Semoga momod dikasih kekuatan untuk bahas fase ini satu persatu.

Ini sesi terakhir ARTI HIDUP, selanjutnya kita masuk dalam bagaimana NGEJALANIN HIDUP dengan sebelumnya bahas tentang fase nyiapin hati.

Hatur nuhun.

Related

Artikel Komunitas Mau Surga 1400956623437552831

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item