MEMECAH MASALAH DENGAN IBADAH

KORDINAT HARI INI
(22 Syawwal 1437/27 Juli 2016)

💡 MEMECAH MASALAH DENGAN IBADAH


فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.


STOP POINT

Sob, masalah pasti datang. Badai pasti berkunjung. Mendung kadang menyapa.

Dulu rosul dibilang gila. Sempat berat jalanin dakwah. Hingga sebagian mufassir mengatakan pada saat itulah ayat diatas turun.

Apa yg disuruh Alloh ama rosul pas lgi berat beratnya masalah? Sebagian mufassir mengatakan agar selesai berdakwah yg melelahkan nabi disuruh ibadah ama Alloh.

Liat, lgi cape suruh ibadah. Lagi penat suruh ibadah.

Ada mufassir yg bilang juga terkait ayat ini, kalo udah ngerjain apapun maka kerjakan hal akhirat lainnya.

RUMUS KEMUDAHAN :
Setelah kesulitan ada kemudahan, jika kita mengisi kekosongan , titik nadir , kelelahan itu , dengan ibadah, aktivitas ukhrowi

Begono kalo merujuk ke beberapa tafsir.


Ibadah apa aja yg bisa memecah dan menyelesaikan kesulitan ?

Shalat Tahajud

Sholat yang dilaksanakan sepertiga malam dengan penuh keheningan, karena di saat itu banyak orang yang tertidur lelap. Hal terpenting dari sholat tahajud adalah merenungi hidup, melakukan instropeksi di hari kemarin dan memohon ampunan kepada Allah dengan beristighfar dengan penuh ke-khusyuk-an. Memohon diberikan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas esok hari, dan yang lebih penting berdoa kepada Allah agar di lapangkan rezeki.

Baca Quran dengan perlahan

Sob, Al Qur’an bisa menghilangkan penyakit yang dapat mengantarkan pada keinginan-keinginan jelek (rusak) hingga baiklah hati.

Sedekah

Amal tokcer juga nih. Kata rosul, seutama utama sedekah itu pas lagi sehat, pas lgi lapang, pas lgi kikir dan takut miskin.

Berdzikir

Mengingat dan banyak menyebut asma Allah adalah salah satu cara untuk bersedekah bagi diri kita sendiri. Berdzikirlah dengan sebanyak mungkin, tidak ada kemudharatan sedikitpun pada nama-namaNya.

Istighfaar
Banyak baca sayyidul istighfar kalo lgi banyak masalah, mungkin dosa kita yg menghambat urusan urusan kaga kelar kelar..

Nah sob, jika kita memahami bahwa setiap masalah dapat diselesaikan dengan ibadah, artinya setiap masalah yang kita temui dalam perjalanan hidup kita sebenarnya dimaksudkan agar kita mengingat tugas utama kita dilahirkan di muka bumi ini.

Janganlah kita marah-marah saat diberikan masalah, protes, bahkan menuduh Allah tidak adil bin kejam.

Semoga kita bukan bagian dari orang-orang yang tidak mengetahui esensi masalah, semoga keimanan kita bertambah di saat masalah tak putus-putusnya menyapa sekalipun.

Allohul musta'aan

Akhuukum fillah, momod

Related

Artikel Komunitas Mau Surga 7247130750838543939

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item