Suraqah dan Kisra bin Hurmuz

Tatkala harta rampasan perang dari Kerajaan Persia sampai kepada ‘Umar, teringatlah ia akan janji Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada Suraqah bin Malik pada waktu beliau hijrah ke Madinah.

Lalu ‘Umar menyuruh orang untuk memanggil Suraqah bin Malik, kemudian datanglah dia yang telah lanjut usia dan bongkok punggungnya memenuhi panggilan ‘Umar.


Khalifah Umar berkata: “Ini adalah berita gembira dari Rasulullah kepadamu, tatkala kamu mengejarnya dalam perjalanan hijrah ke Madinah dan hendak membunuhnya”.


Lalu beliau bertanya kepadamu : “Hai Suraqah! Apa yang mendorongmu untuk melakukan hal ini?”. Lalu kamu menjawab; “Karena mengejar hadiah 100 ekor unta bagi siapa saja yang dapat membunuh tuan”.

Kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam menjanjikan kepadamu: “Hai Suraqah apakah engkau mau memiliki gelang perhiasan Kisra?”.

"Kisra bin Hurmuz”, tanyamu.

Beliau menjawab: “Benar, Kisra bin Hurmuz!”.

Kemudian seraya menangis, 'Umar menyerahkan gelang perhiasan Kisra bin Hurmuz tersebut kepada Suraqah bin Malik dan orang-orang yang hadirpun turut menangis.

Lalu ia berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah mencabut gelang perhiasan ini dari Kisra bin Hurmuz dan mengenakannya kepada seorang Arab Badui”.

~ tarbiyah jihadiyah syaikh abdullah azzam rahimahullah ~

oleh : Ustadz Ibnu Hasan Aththobari, 

Related

Sahabat Nabi 2716720864126778596

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item