TARBIYAH HATI





~Tentang Ketawadhuan~

Di majelis Prof. DR. Dhiyaurrahman Al-A'Dzamy, orang yang tak asing itu selalu datang sebelum pelajaran dimulai. Sama seperti pelajar lainnya, dia duduk di tempat mana saja yang kosong meskipun di dipenghujung majelis, tanpa misylah (baju kebesaran) dan penjaga.
Dia duduk menyimak pelajaran dan mencatat setiap fawaid yang disampaikan syaikh Al-A'Dzamy. Sayapun berguman, "Bila orang dengan jabatan setinggi beliau masih mau duduk di majelis ilmu, lalu bagaimana dengan kita...?
Dia adalah Syaikh Ahmad Thalib Humaid -hafidzahullah-, imam Masjid Nabawi yang masyhur dengan bacaan Hijaz yang khas.


Di tempat lain saya melihat seorang dosen masyhur sering terlihat duduk menyimak pelajaran Syaikh Anis, Syaikh Ibrahim dan Syaikh Sholeh As-Sindi. Kebiasaan itu dilakukannya bila kajian Syaikh Abdul Muhsin libur.
Dialah Syaikh DR. Abdurrahman Abdullathif Ar-Rusyaidan, qori' tetap Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr sejak 15 tahun yang lalu.

Pada musim haji 1434 H, Syaikh Prof. DR. Abdul Karim Al-Khudair membuka majelis Shahih Muslim di masjid nabawi. Majelis itu berlangsung di kursi yang biasa digunakan oleh Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad menyampaikan pelajaran dan kuliah umum.
Saat itu Syaikh Abdul Muhsin baru saja menutup majelisnya yang berlangsung antara maghrib dan Isya. Selepas sholat isya syaikh Abdul Muhsin tak langsung pergi. Di atas kursi roda beliau duduk dan menyimak pelajaran yang disampaikan Prof. Abdul Karim dengan seksama. Padahal Syaikh Abdul Muhsin jauh lebih senior dari Syaikh Prof. DR. Abdul Karim.

Pemandangan-pemandangan diatas mengajari kita banyak hal. Diantaranya tentang arti pentingnya ketawadhuan dalam menuntut ilmu. Karena aliran ilmu hanya akan menempati cawan-cawan hati yang merendah, bukan yang meninggi.

Ia juga mengajari kita tentang bagaimana mengasah jiwa agar berani melawan ego yang selalu membisiki diri untuk merasa besar.
"Saya sudah senior, saya sudah belajar, saya seorang dosen, saya seorang ustadz, saya lulusan timur tengah, saya tak butuh belajar pada orang lain."
Padahal tak ada kata usai dalam menuntut ilmu. Karena ilmu tak ada habisnya. Semakin kita menyelam jauh, semakin kita sadar bahwa masih banyak yang tidak kita ketahui.
Kadang yang tak kita temukan di laut lepas, kita dapati di sungai yang dangkal.

Saya teringat bait-bait syair ketawadhuan yang disebutkan Al-Hafidz Ibnu Abdil Barr dalam Al-Jami'. Beliau berkata:

العلم بحر منتهاه يبعد # ليس له حد إليه يقصد
وليس كل العلم قد حويته # أجل ولا العشر ولو أحصيته
وما بقى عليك منه أكثر # مما علمت والجواد يعثر
فكن لما سمعته مستفهما # إن أنت لا تفهم منه الكلما
القول قولان فقول تعقله # وآخر تسمعه فتجهله
وكل قول فله جواب # يجمعه الباطل والصواب
وللكلام أول وآخر # فافهمهما والذهن منك حاضر
لا تدفع القول ولا ترده # حتى يؤديك إلى ما بعده
فربما أعيي ذوي الفضائل # جواب ما يلقى من المسائل
فيمسكوا بالصمت عن جوابه # عند اعتراض الشك في صوابه
ولو يكون القول في القياس # من فضة بيضاء عند الناس
إذا لكان الصمت من خير الذهب # فافهم هداك الله آداب الطلب

Semoga Allah memberi taufiq kepada kita semua.

___________
Madinah 30-01-1437 H
ACT El-Gharanta


Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item