Antara Belajar Dengan Berobat


🌴🏡 *Antara Belajar Dengan  Berobat.*

by Komar.

Saudara, antara belajar dan berobat ada kesamaan, dimana letak kesamaannya?, kesamaannya terletak pada kosistensi dan kesabaran.

Dua hal yaitu konsistensi dan kesabaran mutlak diperlukan dalam belajar dan berobat, kenapa demikian?, karena obat berproses diserap oleh tubuh dan ilmu juga berproses diserap oleh otak kita.

Adalah sikap yang tidak sabar ketika obat yang diminum belum habis dan orang mengatakan *"obat ini tidak menyebabkan sembuh"*, dan sikap yang tidak sabar ketika seorang mengatakan *"wah pelajarannya susah"* padahal dia baru baca bab 1 sedangkan bab lain belum dibaca.

Lalu kenapa kalau konsistensi dan kesabaran itu diperlukan dalam berobat dan belajar ?, ya, hal ini penting untuk dimengerti bagi seorang yang belajar bahwa dalam belajar butuh konsistensi atau istiqamah dan kesabaran, coba tanyakan kepada Bapak BJ Habibie apakah dia sekali belajar lalu bisa ahli dalam urusan pesawat terbang?.

Jelas sekali saudara, bahwa konsistensi atau istiqamah dan kesabaran dalam diri perlu dilatih dan dibiasakan, karena tidak konsisten atau tidak istiqamah dan tidak sabar merupakan sebab suatu kegagalan, gagal belajar, gagal berobat, gagal berkeluarga atau gagal dalam bekerja atau gagal dalam berbisnis.

*Salah dalam belajar adalah proses menjadi mahir*.

Shalat wajib yang lima waktu dalam sehari dapat meyebabkan kita konsisten atau istiqamah.

Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."
(QS. Al-Baqarah: Ayat 153)

by Komar. 16 Dzulhijjah 1437 H. 06:55

Related

Kolom Bang Komar 7070970436453244365

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item