Dimanakah Kita Jika dibandingkan Akhlaqnya Shalafussalih


Ust Abu Yahya Badrussalam
Ahad, 13 Rabiul Akhir 1437H
Masjid Al Fatah Jatinegara

📂Materi
▶ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
memfokuskan dengan 2 hal : Akhlaq dan akidah
📩Kita lihat dialog heraclius dan Abu sofyan yang ketika itu belum masuk Islam. ketika heraclius bertanya : “Apa yang diajarkan Muhammad?”. Abu sofyan menjawab : ” Dia memerintahkan untuk menyembah Allah dan tidak menyekutakanNya, memerintahkan sholat, memerintahkan jujur dan menyambung silaturahim”
⚠Hal ini  menunjukkan bahwa pentingnya akhlaq
▶Bahkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun sebelum diutus akhlaqnya di baguskan Allah hingga beliau mendapat gelar al amin dari kaumnya.
▶Kita lihat ketika wahyu pertama turun  kemudian beliau pulang dan berkata  kepada khadijah radiyallahuanha  “Selimuti aku…selimuti aku”. Setelah tenang, Rasulullah berkata : “aku khawatir ditimpa kematian” . Kemudian khadijah menjawab : “tidak mungkin Allah menghinakan engkau, engkau suka menyambung silaturahim, menghormati para tamu, memberikan pekerjaan kepada orang yang susah , membela kebenaran”
⚠Allah jadikan akhlaq Rasulullah  baik bahkan sebelum diutus.
▶Kita ingat ketika Rasulullah mengumpulkan orang qurays di  bukit shafa dan berkata :  “Bagaimana jika aku berkata ada pasukan  musuh dengan jumlah yg besar di belakang bukit ini, apakah kalian percaya?”. Mereka menjawab  :”Aku tidak  pernah mendapati engkau seorang yang  berkata bohong”
⚠Allah jadikan akhlaq Rasulullah  baik bahkan sebelum diutus.
📩Sofyan at tsauri : pelajari adab dan akhlaq sebelum ilmu. Kami pun dahulu mempelajari dahulu akhlaq seperti mempelajari  adab.
⚠Ilmu jika tidak disertai adab dan akhlaq rusak ilmunya.
📖Q.S Al Imran 159 :
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ الله لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظّاً غَلِيظَ القلب لاَنْفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ
Maka dengan rahmat Allah lah kamu bersikap lemah lembut kepada mereka jika engkau bersikap keras dan kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu
👉Bahkan kesesatan jika dibungkus dengan  akhlaq yang baik dianggap indah
Contoh : kristenisasi dengan  cara menolong orang lain. Orang akan menganggap baik.
👉Pentingnya akhlaq :
📖HR Ahmad : Tidak ada sesuatu amalan yang berat timbangan di sisi Allah selain akhlaq yang baik.
📖HR Ahmad : Seseorang bisa mencapai derajat orang yang  puasa terus menerus ,sholat malam terus menerus dengan akhlaq yang baik.
📖HR Abu daud : Aku menjamin rumah di pinggiran syurga bagi orang yang meninggalkan debat  meski ia di pihak yang benar. Dan aku menjamin rumah ditengah syurga bagi orang yang meninggalkan dusta meski bercanda.  Dan aku menjamin rumah di syurga paling tinggi bagi orang yang memperbagus akhlaq nya.
👉Bahkan, jika ada orang yang rajin sholat dan rajin puasa dan rajin ibadah lain terkadang Allah tidak memperdulikannya.
📖 HR dalam Targhib wa targhib :
ada sahabat berkata kepada Rasullah : “ada wanita yang senantiasa sholat malam, sedekah nya rajin dan siangnya puasa tapi lisannya suka menyakiti tetangganya. Bagaimana dengan wanita ini ya Rasulullah?”. Rasulullah berkata : “Tidak  ada kebaikan baginya,dia termasuk penduduk api neraka” . Dan sahabat tadi  berkata lagi : ” Ada lagi seorang wanita,dia hanya sholat wajib, tidak pernah puasa sunnah,sedekahnya pun sedikit, tapi dia tidak pernah menyakiti tetangganya”. Rasulullah berkata : “Dia ahli jannah”

👉Walaupun akhlaq  manusia itu tidak  sama.
📖HR : Sesungguhya Allah membagi bagikan akhlaq kepada kalian seperti membagikan rezeki.
📖HR : Manusia itu seperti  100 ekor unta
》Maksudnya kata ulama adalah  tidak  ada manusia yang terkumpul akhlaq yang mulia padanya. Jika dia baik di satu sisi akan ada kejelekan di satu sisi.

📔Dimana kita dibandingkan akhlaq shalafussalih
▶Shalafussalih adalah sebaik baik generasi
📖HR : Sebaik baik generasi adalah  sahabatku kemudian setelahnya ( tabi’in) kemudian setelahnya ( tabi’ut tabi’in)
👉Dalam hal apa? Seluruhnya!
》Kita cukupkan mereka sebagai tauladan, tidak perlu mencari teladan lain.

🌻 Kita lihat bagaimanakah akhlaq mereka:
📑#1 Keikhlasan mereka
》Mereka beramal tidak pernah harapkan pujian manusia, pada harta dunia, mereka hanya berharap wajah Allah semata.

📝#1 Kisah yang disebut imam adh dhahabi dalam kitabnya :  Muhammad bin al Munkadir ( seorang ulama tabi’in ) bercerita bahwa penduduk kota madinah mengalami kekeringan, mereka sudah beberapa kali sholat istiqa’ tapi hujan tidaklah turun. Ia berkata : “Suatu hari aku duduk di tiang depan masjid nabawi. Kemudian ada seorang yang bajunya tebal masuk ke masjid dan berdoa : “Penduduk kota madinah telah sholat istiqa’ berkali kali tapi tidak Engkau kabulkan, maka aku akan terus berdoa sekarang”. Ia terus berdoa dan kemudian terdengar suara halilintar dan hujan turun”.  Muhammad bin Al Munkadir penasaran dengan orang ini,bsetelah  sholat subuh ia mengikuti orang itu ,dan mengetahui tempat tinggalnya di sebuah kontrakan.
Kemudian esoknya lagi Muhammad bin Al Munkadir duduk di tiang dan orang itu datang lagi dan ia berdoa ” Siapa aku ya Allah? Penduduk madinah sholat istiqa’ berkali kali tidak Engkau kabulkan tapo doaku Engkau kabulkan, sebagai terimakasihku ya Allah, semalam ini aku akan sholat  terus menerus”.
Kemudian Muhammad bin Al Munkadir  Mendatangi kontrakannya. Ia ternyata tukang sepatu. Ia sangat bahagia karena didatangi ulama besar, kemudian ia berkata : “Maukah engkau aku buatkan sepatu?”. Muhammad bin Al Munkadie berkata : “Kamu ya yang berdoa kepada Allah meminta hujan kemudian Allah mengabulkan”.Pria itu takut dan marah dan berkata :ada apa kamu bertanya seperti itu”. Muhammad bin al munkadir takut dan pulang. Esoknya ia tunggu orang itu di masjid nabawi tapi orang itu tidak kunjung datang, beliau khawatir apa kemungkinan orang itu sakit. Kemudian  setelah sholat subuh ia mendatangi kontrakan orang itu. Tapi tidak menyahut.  Pemilik kontrakan itu berkata : “kemaren engkau berkata apa padanya setelah kedatanganmu dia pergi”
▶Inilah contoh keikhlasnya , takut orang madinah tau dia berdoa dan dikabkan maka dia pergi.

📝#2 Percakapan musaid dan sa’id bin zubair. Said berkata : siapa yang melihat bintang tadi malam? Musaid berkata : Aku, tapi aku tidak sedang sholat, aku disengat kalajengking
▶Ia berkata  seperti itu karena agar orang tidak mengira bahwa dia sedang sholat. Ia tidak ingin dipuji sesuatu yang tidak ia lakukan.

▶Keikhlasan mereka sangat luar biasa
✏Ikhlas adalah mengharapkan Allah saja dan ini tujuan setiap manusia.
📖Q.S : Tidaklah mereka diperintahkan untuk mengikhlaskan agama ini untuk Allah satu saja.
📩Sofyan atsauri : Aku tidak pernah susah meluruskan sesuatu daripada niat

📝#1 Kiat kiat agar ikhlas
🔸#1 Muhasabah sebelum dan setelah beramal
》Introspeksi diri
📩Ibn Qayyim : Tidak ada satupun amal kecuali ditanyakan dua hal.
1. Tujuan beramal apa? Mengharapkan  wajah Allah, pujian orang? Atau harta?.
2. Sesuaikah dengan tuntunn Rasulullah  atau tidak ?
📩Ibn Qudamah : Ketika beramal gunakan muraqabah
》Muraqabah : mengawasi diri kita terus dan senantiasa diawasi Allah
⚠Ketika ada sisipan riya’ dan tujuan duni segera tepis.
》Setelah ibadah juga muhasabah
📩Makanya diantara hikmah istighfar setelah sholat kata imam ibn qayyim : untuk mengisi kekurangan2 sholat supaya Allah mengampuni kita.
⚠Sebelum dan sesudah muhasabah, ketika ibadah muraqabah.
📩Meskipun Syaikh utsaimin berkata riya’ setelah ibadah itu tidak masalah yang masalah adalah ujub.

🔸#2 Selalu mengingat kematian
》Mengingat misal : “Jika saya riya’ nanti meninggal”
》Karena orang yang dibakar pertama kali di api neraka adalah orang yang riya’
📖HR : Ada 3 orang yang dibakar api neraka. Orang alim dan qari’, orang yang syahid, orang yang rajin berinfaq.Yang pertama :Orang yang wafat dalam jihad , kemudian Allah sebutkan  nikmat nikmatNya ke dia dan Allah  bertanya : “Untuk apa kau gunakan nikmat nikmatKu itu?”Ia menjawab : “Untuk berperang di jalanMu ya Allah”Allah berkata : “Kadzabta, kamu bohong kau berperang hanya untuk mendapatkan pujian dan gelar mujahid dari manusia, dan itu telah kau dapatkan di dunia, lemparkan dia ke neraka.Yang kedua, Orang  yang mempelajari Al Qur’an, mempelajari agama.Allah bertanya padanya untuk apa
[03:33, 1/2/2016] +62 818-942-670: dia gunakan nikmat nikmatNya kepadanya. Ia menjawab : “Aku gunakan untuk mempelajari  firman firmanMu ,mempelajari agama dan mengajarkannya” Allah berkata : “Kadzabta, engkau bohong, engkau mengajarkan ilmu agama agar dikatakan aliim, seorang da’i, seorang  ulama dan engkau membaca al qur’an  agar diberi gelar Qari’ ,Lemparkan dia ke neraka”. Yang ketiga, Orang yang ahli sedekah orang yang menafkahkan harta nya di jalan Allah. Allah bertanya padanya untuk apa dia gunakan nikmat nikmatNya kepadanya.Ia berkata : “Aku gunakan untuk sedekah dijalanMu, bahkan tidak ada satu masjid pun kecuali aku telah menafkahkan disana, dan menyantuni fakir miskin dan yatim”Allah berkata : “Kadzabta, engkau bohong, engkau melakukan itu agar disebut  dermawan, lemparkan dia ke neraka”.
👉Ingatlah terus kematian :
📖HR : Perbanyaklah mengingat penghancur kelezatan yaitu kematian.

🔸#3 Berusaha sembunyikan amal
》Kecuali yang tidak bisa disembunyikan.
▶Makanya diantara orang yang Allah naungi di hari kiamat adalah orang yang menyembunyikan sedekah sampai sampai apa yg dilakukan tangan kanan tangan kiri tidak tau, Orang yang berdzikir sendirian lalu dia menangis karena takut kepada Allah.
》Makanya dengan menyembunyikan amal ini bisa menjaga keikhlasan kita karena manusia dasarnya suka dipuji.
⚠Sembunyikan amal kita, keculi jika memang untuk maslahat yang besar tapi harus menjaga keikhlasan.

🔸#4 Berdoa
》Minta kepada Allah keikhlasan
📖 HR doa Rasulullah :
وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap perbuatan menyekutukanMu yang tidak aku ketahui”

📩Doa Umar bin khattab : Ya Allah  jadikan amalku ini amal sholeh dan hanya ikhlas mengharapkan  wajahMu

🔸#5 Setiap kali mengharapkan pujian ingatlah bahwa manusia tidak bisa memberikan pahala dan dosa.
📖Q.S : Ketika hari kiamat Allah akan berkatakepada orang orang yang riya’ : “Pergi engkau kepada orang orang yang kau inginkan pujian apakah bisa menolongmu?”

🔸#6 Kita harus memperhatikan trik trik syaithon agar kita tidak ikhlas

📝Ada orang yang takut disebut orang lain ikhlas sehingga ia meninggalkan amal. Justru ini tidak  ikhlas
📩Hasan al bashri :Siapa yang meninggalkan amal karena takut dianggap ikhlas itu adalah riya’.
📩Sofyan ibn ‘inah berkata pada gurunya :Aku punya majelis taklim jumat pagi kalau yang ahdir banyak aku gembira kalau yang hadir sedikit  aku kecewa.
Gurunya berkata : ” wahai anakku, Itu majelis buruk tinggalkanlah”

📝Kadang syaithon  kita diseret pada kebaikan untuk membuka pintu ketidakikhasan
📩Ibn qudamah : Gembira dengan pujian itu adalah awal dari riya’
👉Meski beramal dipuji tidak masalah jika tidak ingin dipuji.
📩Abu hurairah bertanya kepada Rasulullah : “Ada orang beramal sholeh tapi orang lain memujinya”. Rasulullah berkata : ” Itu kabar gembira untuk seorang mukmin di dunia tapi tidak mengurangi pahala dia di hari kiamat”
⚠Rasa senang di puji itu menjadikan dia  riya’ dan tidak ikhlas.

📝Kadang syaithon memberi tahukan dia syubhat.
》Ada orang tawadhu biar kelihatan tawadhu kepalanya menunduk.
📩Umar pernah melihat orang yang jalan menunduk : “Jalanlah dengan tegap. Ingat ketawaduan bukan dengan begitu tapi tawadhu itu di hati”
》Terkadang ada orang yang berpenampilan sholeh, syaithon masuk agar orang muji dia terlihat sholeh.
⚠Hati hati tidak ikhlas maka perhatikan pintu pintu syaithon

📑#2  Salaf itu paling tidak suka masyhur
》Tapi Justru  orang yang lari dari masyhur biasanya masyhur, Allah percaya  dengannya  bisa menjaga keikhlasnya sehingga menjadikannya masyhur.
📩Imam Ahmad sangat takut masyhur. Beliau berkata : ” Aku diuji Allah dgn ketenaran. Aku khawatir Allah sedang  uji aku istidraj. Lebih baik aku tinggal di lembah saja agar tak ada orang mengenalku”
📩Suatu hari ibn mas’ud keluar dan orang orang mengikuti nya .  Beliau berkata : “Ada apa kalian mengikutiku”. Mereka berkata “Tidak ada kami hanya ingin mengikutimu”. Ibn mas’ud berkata : Pulanglah karena perbuatan kalian ini menajdi hina bagi yang mengikuti  dan fitnah bagi yang diikuti”
⚠Menginginkan ketenaran ini akan merusak keikhlasan .
📩Ayub bin abi thamimah jika berjalan dia akan melewati jalan2 yang kecil yang orang gak tau agar tidak tenar. Tapi malah tenar.
📩Abdullah  bin mubarak pergi haji membagi bagikan makanan tapi orang tidak tau itu beliau.
⚠Berapa banyak orang yang senang dengan  ketenaran,  sehingga dia malah bersikap sesuatu yang dia tidak lakukan.

📑#3 Mereka khawatir dengan ujub
✏Ujub》Berbangga dengan kelebihan. Kalau ini hanya sebatas berbangga dengan amal
✏Sombong 》 Ditambah meremehkan orang
📖HR : Sombong  adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia
📩Ibn qayyim : Ujub itu bisa menghapus amal. Syaikh utsaimin : Kenapa menghapus amal? Karena ia mengungkit ungkit kebaikan dia kepada Allah dan mengungkit nya kepada Allah.
📖HR : Ada 3 orang yg tidak diajak bicara  Allah dihari kiamat. yang pertama  orang  yg mengungkit ungkit kebaikan kepada orang lain…..
📖At takatsur 1:
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,
📩Abdurrahman as sa’di : maksud ayat ini termasuk bermegahan dalam semua hal. Termasuk orang  berbangga dengan ilmu juga
⚠Perasaan merasa senior,merasa lebih baik dari orang lain  dan lebih berilmu ini bisa merusak amal
📝Baik seseorang di mata Allah tidak dihitung banyaknya amal tapi dari hatinya
📖Q.S : Allah tidak melihat bentuk tubuh dan rupa kalian tapi  Allah melihat hati kalian.
📝Kadang ada orang yang amalnya sedikit tapi karena yang ada dihatinya ia mulia.
📖HR : Ada orang masuk ketika itu ke masjid, Rasulullah  sedang bersama sahabat. Rasulullah berkata : “Muncul skrg penduduk syurga”. Ini terjadi selama 3 hari. Abdullah bin amr mengikutinya dan menginap dirumahnya “Saya sednag ada masalah dengan ayah saya bolehkah saya menginap?”. Abdullah bin amr melihat bahwa ibadahnya biasa saja, dia tidak puasa sunnah, tidak sholat  tahajud. Kemudin akhirnya abdullah bin ame berkata : “Wahai fulan sesungguhnya aku tidak ada masalah dengan bapakku, tapi aku mendengar Rasulullah mengatakan bahwa kau adalah penduduk syurga. Tapi aku tidak melihat amalan istimewa darimu”. Orang itu berkata : ” Amalku saja yang kau lihat, tapi aku tidak pernah  merasa dengki pada siapapun juga”. Inilah yang membuatnya dikatakan sebagai penghuni syurga.
⚠Jangan pernah merasa lebih baik dari orang lain karena apa yang ada di hati kota tidak tau.
📩Seorang ulama berkata : Kalau aku melihat orang yang lebih tua ,dia lebih banyak beramal dia lebih baik dariku kalau melihat yang muda aku berkata aku lebih banyak melakukan dosa dari padanya.
⚠Ketika melihat orang bermaksiat berpikirlah : “bisa jadi kemudian dia bertaubat dan dia wafat dalam taubatnya sedang kita tidak tau wafat dalam keadaan apa”
📩Ibn qayyyim : hai orang yang sholat malam janganlah berbangga karena bisa jadi orang yang  bangun tidak sholat dia bangun dalam keadaan menyesal dan dia bertaubat.
📩Abdullah bim umar ketika dipuji senantiasa menepis jika dipuji. Ia berkata : “saya bukan orang terbaik diantara kamu saya ini hanya hamba Allah, omongan kamu ini bisa membinasakan saya”
📖 HR Muslim : Kami diperintahkan oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- untuk menyiramkan pasir/debu ke wajah orang-orang yang memuji”
》Tapi kita saat ini ya jangan melakukannya karena akan memunculkan pertikaian.
⚠Tapi justru dengan  ketakutan akan ujub para ulama malah Allah membuat hati manusia suka kepada mereka  karena Allah tau keikhlasan mereka, karena Allah tahu mereka orang yang paling jauh dari ujub.

📑#4 Kezuhudan mereka
》Mengikuti keyakinan akan apa yang ada di sisi Allah meskipun zuhud  itu bukan berarti meninggalkan dunia.
⚠Nabi sulaiman kaya tapi beliau zuhud.
⚠Para sahabat kaya tapi mereka zuhud
✏Zuhud : kita letakkan dunia di tangan kita bukan di hati kita.
📩 Hasan  al  bashri  : zuhud adalah kamu  lebih meyakini dan percaya apa yang ada disisi Allah daripada apa yang ada di sisi manusia. Kamu lebih berharap akan pahala ketika ditimpa musibah daripada musibah  yang menimpa

✏Imam ahmad membagi 3 tingkatan zuhud
🔸1
[03:33, 1/2/2016] +62 818-942-670: . Zuhud awam ( wajib)
》Meninggalkan perkara yang haram
🔸2. Zuhud khowas ( zuhud orang  khusus)
》Meninggalkan  perkara2 yang mubah dan tidak bermanfaat untuk kehidupan akhirat mereka
🔸3. Zuhud ‘arifiin
》Meninggalkan segala sesuatu yang bisa melalaikan diri  kita dari Allah
》Ini yang paling tinggi  karena harus diiringi keilmuwan.
👉Bagaimana zuhudnya shalafussalih  :
》Tentu mereka mencontoh Rasulullah  shallallahu ‘  alaihi  wasallam  . Karena kalau kita mencontoh Rasulullah  sulit, rumah beliau satu petak.
📩Pernah Rasulullah  pernah marah  kepada istri2nya dan meninggalkan istri2nya selama sebulan hingga tersebar beliau mentalak istrinya, dan terdengar oleh Umar bin khattab. Umar pergi ke masjid dan minta ijin menemui Rasulullah, dan diijinkan, ketika Umar masuk, Umar  melihat beliau shallallahu  ‘ alaihi  wasallam   tidur di sabut/pelepah kurma, yang jika beliau tidur berbekas di punggung, di kamar tidak ada apa apa, hanya ada setengah karung gandum untuk makan sebulan dan baju besi, tameng dan pedang, tidak ada apa apa, maka umar pun menangis dan berkata : “Ya Rasulullah, Bukankah kita diatas kebenaran?  bukankah orang persia dan romawi diatas kebathilan? Tapi kenapa orang persia dan romawi diberikan Allah kekayaan yang luar biasa ya Rasulullah? Tidak kah kau berdoa supaya Allah memberikan kekayaan yang sama? Bukankah kita lebih berhak dari mereka ya Rasulullah?”. Mendengar itu Rasulullah  marah dan berkata : “Apa kamu meragukan agama ini hai ibn khattab?mereka itu orang yang didahulukan kesenangannya dunia?”
▶Maka oleh karena itulah para sahabat senantiasa mengikuti Rasulullah  untuk senantiasa zuhud terhadap dunia. Mereka sadar akan hakikat dunia. Lebih bergembir dengan  akhirat daripada dunia.
📩 Umar pernah mendapat tamu. Kemudian umar meminta menuliskan nama nama fuqara’ di negeri mereka untuk dikirimkan bantuan. Mereka menulis nama “sa’id bin amir ” . Umar bertanya : “siapa dia?” Mereka berkata : “Gubernur kami”. Umar berkata:” Gubernur kalian miskin? ” Kemudian dikirimkan harta dan uang 100 dinar kepada sa’id. Kemudian sa’id berkata  : “Innalillahi wa Innailaihi roji”un”. Istrinya berkata : “Musibah apa yang menimpamu?”. Sa’id berkata : “lebih besar dari pada musibah”. Istrinya berkata : “selamatkan dirimu”. Sa’id berkata : “kamu mau membantuku? Ini tolong bagikan ”
Hartanya dibagi2kan dan malam itu habis.
▶Saking zuhudnya kepada dunia, bagi mereka dunia itu biasa. Mereka gembira jika bisa melakukan ketaatan  kepada Allah. Sementara kita gembira ketika melihat dunia?
📩Dunia ini halal nya hisab haramnya adzab.
▶Zuhud yang benar itu muncul ketika memahami hakikat dunia bahwa dunia  tidak ad apa apanya di sisi Allah.
📖 HR :Suatu hari Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  mendatangi sebuah pasar dari sebuah  dataran tinggi , sahabat ada di kiri kanan beliau kemudian beliau melewati kambing yang menjadi bangkai dalam keadaan cacat telinganya , kemudian beliau mengambil bangkai tsb dan mengangkat telinga dan bersabda : ” Siapa yang mau membeli ini  seharga satu dirham?”  Maka para sahabat berkata : “gratis saja kami tidak mau ya Rasulullah shallallahu  alaihi  wassalam ,  apa yang bisa kami perbuat dengan bangkai tersebut” beliau  kemudian berkata : “siapa yang mau mengambil bangkai ini secara cuma cuma” dan sahabat pun berkata “Jika kambing  tersebut  hidup pun telingany cacat , kami tidak mau , bagaimana jika sudah menjadi bangkai ya Rasulullah  ”
Kemudian Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  bersabda : “Demi Allah dunia ini lebih hina di sisi Allah dibanding bangkai ini di mata kalian”
📩Abu dzar pernah ditanya Rasulullah  : ” Abu dzar kau sudah makan?” Abu dzar berkata : “sudah ya Rasulullah”. Rasulullah berkata : “makanan yang kau makan itu setelahnya jadi apa?”. Abu dzar berkata : “ya jadi yang engkau tau ya Rasulullah  ”
Rasulullah berkata : “Sesungguhya  kotoran itu memberikan  perumpamaan pada dunia”
▶Dunia itu melalaikan dan membuat perpecahan
📖HR : Bukan kefakiran yang aku khawatirkam kepada kalian tapu dibukakan kesenangan dunia lalu kalian berlomba lomba mendapatkannya kemudian Allah membinasakan kalian seperti bani israil .
》Pecahnya kaum muslimin itu dikarenakan memperebutkan dunia.
Semuanya gara gara dunia!!
⚠Itulah kenapa zuhud itu penting karena dengan begitu kita akan mengenal hakikat dunia.

📑#5 Shalafussalih  sangat zuhud kepada kedudukan
📩Sofyan ats sauri :Aku belum pernah melihat zuhud  yang paling sedikit kecuali zuhud kepada  kedudukan.
▶Iblis itu kedudukannya tinggi di sisi Allah , diberi kunci syurga  dengan ketaatannya. Kedudukannya melebihi malaikat. Kemudian  diciptakan nabi adam yang diberi kelebihan dari iblis sehibgga iblis merasa dirinya lebih baik dan terlihat ketika Allah perintahkan sujud iblis tidak mau.
👉Bahkan Allah mendidik umatnya tentang zuhud kedudukan ini dalam hal kecil :
📖HR : Siapa yang suka orang orang berdiri dihadapannya maka hendaklah ia mempersiapkan tempat duduknya di neraka.
📩 Ibn umar ketika mendatangi majelis dan ada orang mempersilahkan duduk . Ibn umar tidak  mau duduk disana.
⚠Para sahabat tidak pernah mengingkan kedudukan :
📩Umar berkata : “Apabila aku meninggal maka kepemimpinan ada di 6 orang silahkan kalian pilih”. Semuanya pada mundur hingga tinggallan utsman bin affan
⚠Mereka sangat ketakutan karena ini masalah amanah yang sangat berat  di sisi Allah.
📖HR : Hai abu dzar, kedudukan itu amanah dan kedudukan itu akan menjadi kehinaan dan penyesalan di har kiamat karena hal ini berat.

📂 Tanya jawab
💬Bolehkah berbohong untuk menyembunyikan amal
🔹Tidak boleh
🔹Bohong  cuma boleh di 3 hal  . Antara lain :
1. Suami berbohong kepada istrinya .  Tapi tidak mutlak,dan tidak dikit2 bohong. Kata ulama, yang boleh bohong yang menimbullan rasa cinta.
2. Bohong untuk  mendamaikan 2 muslim yang bertengkar.
▶Cari cara lain jangan sampai bohong . Jika emang  harus jujur ya beri tahu asal bisa menjaga keikhlasan.

💬Bagaimana saya supaya memiliki akhlaq yang baik.
🔹Rasulullah untuk orang yang awam malah jauh lebih lembut.
📩Ketika yang hadir seburuk buruknya orang. Rasulullah  manis dan senyum kepadanya.
📩Abu darda : Kadang wajah kami tersenyum meski hati kami melaknat mereka karena kami takut  mereka masuk ke neraka jahannam.

💬Bagaimana jika beramal tanpa pengetahuan istri sementara hartanya hasil usaha bersama.
🔹Jika menimbulkan mudharat yang besar jangan lakukan.  Tapi jika tidak masalah maka tidak mengapa. Tapi ingat jika harta itu adalah milik orang lain harus disampaikan jika harta milik sendiri tidak mengapa.

💬Beda mubadzir dan israf
🔹Ada beda ulama. Sebagaian ulama menyamakan.
🔹Ada sebagian ulama itu jika mubadzir itu perkara  yang haram, jika israf itu untuk  hal yang halal  tapi berlebihan. Karena Allah menyebutkan mubadzir itu temannya syaithon dan syaithon  suka dengan yang haraam.
📩Imam mujahid : kamu letakkan hartamu di acara kemaksiatan meski sedikit itu mubadzir.
📖Q.S : Makan dan minumlah jangan berlebihan ( israf)

💬Apa boleh  membaca al qur’an dgn latinnya bukan arabnya.
🔹Kalau latin makhrojul hurufnya akan rusak selain itu tidak  melatih diri kita belajar.
🔹Belajarlah, jangan malu karena tua atau apa.
📩Hasan al bashri : 2 orang yg tidak  bisa menuntut ilmu . Orang yang malu dan sombong.
🔹Terus lah  berlatih , kata Rasulullah orang yang membaca al quran dgn belajar  mendapat  pahala 2

💬Bagaimana jika kita beramal kemudian berdoa agar dimudahkan rezekinya.
🔹Bedakan antara niat dan doa. Kalau doa silahkan anda minta. Apapun mintalah,  karena  doa tempat meminta.
🔹Tapi jika niat jangan dikotori.
🔹Misal Allah menjanjikan sesuatu maka ketika melakukan amal tidak perlu meniatkan janji Allah .  Niatkan hanya karena Allah saja maka Allah pasti akan memenuhi janjiNya.
📖Q.S : Allah  tidak akan mengingkari janjiNya
📖HR : Barangsiapa yang menjadikan akhirat tujuan maka Allah kekayaan itu ada di hati mereka ,  Allah akan tambahkan kekuatannya (mudahkan urusannya) dan dunia itu datang dengan  hina dina. Barangsiapa yang menjadikan dunia tujuan Allah akan jadikan kefakiran di matanya, Allah akan memporak porandakan urusannya, sedangkan yang ia dapatkan tidak lebih dari apa yang ditulis untuknya.
🔹Orang yang meniatkan karena Allah saja
[03:33, 1/2/2016] +62 818-942-670:  maka akan Allah  beri akhirat dan dunia. Jika di niatkan dunia belum tentu mendapat dunia dan di akhriat tidak mendapat apa apa.
⚠Jangan beramal untuk mendapatkan dunia

💬Bagaimana  sikap kita menghadapi ikhwan dan akhowat yang kurang baik akhlaqnya padahal sering kajian.
🔹Jangan sampai mata kita menyibukkan diri dengan  kesalahan orang. Kita tidak akan dihisab dengan kesalahan orang lain.
Kita akan mempertanggung jawabkan diri sendiri. Pikirlah diri masing masing.
🔹Kalaupun kita dapati dia akhlaqnya buruk kepada kita dan kita melihatnya maka ingatkan dan nasehati dengan baik. Karena mungkin dia sedang lalai maka jatuh pada akhlaq yang tidak baik.
🔹Kita harus saling mengingatkan

💬Teman yang ngaji tapi akhlaqnya  krg baik sehingga orang awam benci sunnah
🔹Bersikap lembutlah kepada orang awam supaya mereka tertarik masuk kedalam sunnah .
🔹📩Ibn Qudamah : ada orang yang ikhlas jika diingatkam kesalahan nya maka dia tidak marah dan malah mendoakannya.
Salaf yang terdahulu orang yang paling sukai adalah yang mengingatkan  kesalahan mereka sedangkan kita yang kita benci orang yang mengingatkan  kesalahan  kita.

💬Barometer akhlaq dan hati yang bening itu seperti  apa?
🔹Hati yang bening akan terlihat di akhlaqnya tapi itu tidak bisa dipastikan.
📩Dalam shahih bukhari disebutkan, Dahulu  ada laki laki yang banyak berbuat dosa, ketika akan meninggal ia memanggil anak  anaknya : “kalau aku mati bakar jasadku, nanti debunya maka sebagian buang kedaratan dan kelautan. Jika Allah mampu untuk membangkitkan aku, Allah pasti akan mengadzab aku dengan adzab yang tidak pernah ada. Kemudian ketika hari kiamat  Allah  berfirman kepada bumi untuk dibangkitkan dan mengumpulkan jasadnya. Allah bertanya kepadanya : “Hai hambaKu mengapa engkau melakukan itu?” Ia menjawab : ” Aku takut kepada Engkau ya Allah akan dosaku”. Kemudian  Allah mengampuninya.
📩Ibn thaimiyah : orang ini bodoh hingga kufur besar,tapi ia punya iman, ia takut kepada Allah.
⚠Kalau ini saja dimaafkan apa lagi  hal hal yang kecil.
📩Ibn thaimiyah  : orang orang yang terancam neraka  bisa jadi tidak masuk neraka karena taubat di akhir hidupnya atau amalnya yang membuat dia masuk syurga atau ditimpa musibah yang berat gara gara itu ia diampuni dosanya atau mendapat syafaat Rasulullah
📩Kisah pelacur yang memberi minum anjing
📩Kisah orang  yang masuk  syurga karena menyingkirkan ranting  di jalan.
⚠Hanya Allah yang tahu . Kita tida boleh menjudge tapi kita tetap wajib mengingkari.
Kita tidak tahu, amalan apa yg mengantarkan ke syurga, hanya Allah yang tahu.

💬Ada orang yang bacaannya bagus tapi tidak mau jadi imam karena takut riya’ sehingga yg menjadi imam orang yang bacaannya jelek.
🔹Ini terkena bisikan syaithon .  Tetaplah jadi imam dan meminta kepada Allah keikhlasan.

oelpha_hasana

Copas dari group sebelah

Insya Allah bermanfaat

Related

Ust Abu Yahya Badrussalam 7913613996701100030

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item