RIHLAH DAKWAH


 * Ustadz Salim A. Fillah,

✅ Rihlah itu perjlanan yg serius. Bukan wisata. Rihlah dakwah adlah perjalanan sungguh sungguh untuk menyampaikan ayat Allah.

✅ Kita mesti iri pada Hud Hud, burung yang gemar kemana mana. Lalu ketika ia melihat negri yg makmur tapi musyrik, ia jadi gelisah.

✅ Ia mengobservasi dan berjalan 10.800 km bolak balik ke raja Sulaiman sbagai bentuk tanggung jawabnya.

✅ Maka rihlah Hud Hud diabadikan al Quran. Gimana rihlahmu? diabadikan instagram?

✅ Maka sya, ingin menjadi HudHud, menyampaikan pada ikhwah, bahwa ada bgitu banyak negri 'Saba' makmur tapi belum mencecapi nikmat iman dan Islam.

✅ Kisah dari Hongkong. Cina, negri yang sejak Khulafah Rasyidah, Umayyah, Abbasiyah slalu dikirimi  duta-dai.

✅ Kini NKRI lah yang mengirim duta-dai. Para buruh migran yang ternyata ada yg bisa membawa Islam. Terkisah ada keluarga yang berislam sebab pesona akhlak seorang mbak mbak..

✅ Lalu negri di dekatnya lagi. Negri yang mirip Saba. Menyembah matahari. Tapi sungguh, nilai nilai Islam 'iqra, wal ashri, dll... sudah teramalkan. Siapa yang akan membawa tauhid ke sana?

✅ Maka luaskan cakrawala dakwahmu wahai ikhwah. Jika bertumpuk di Indonesia, berebut lahan, memilukan.

✅ Akhwat siapkan dirimu menjadi Umm Sulaim. Ke negri jauh lalu berazam untuk mencari Abu Sulaim, berkata tegas "Islammu adalah maharku"

✅ Kita kini kalah dari banyak empire bisnis. Jika tak bisa dikalahkan asetnya ya dakwahi. Siapkan Umm Sulaim untuk jd istri anak anak Ciputra Group, Agung Podomoro dll

✅ Mari ke Inggris. Penghuni penjara terbanyak adalah keturunan imigran Asia Selatan. Tahukah? Mereka sering mengundang anak muda Muslim Indonesia, sebab Muslim Indonesia bermartabat di sana.

✅ Sebutlah Prof. Hadi Susanto dari Lumajang, ahli Applied Mathematic di Essex. Ketika s1 tinggal di Lab. Makan di walimahan. Kini jadi contoh muslim bermartabat di UK.

✅ Jalan beasiswa manfaatkan sebesarnya. Niatlah jadi pemakmur masjid di negri tujuan.

✅ Anak Indonesia trkenal pemakmur masjid. Meski masjidnya didirikan imigran Asia Selatan, dengan berhemat luar biasa. Dari 1000 pounds disumbang 400 untuk sumbang masjid.

✅ Tpi anak Indonesia digemari acara dakwahnya. Sebab slalu ada makanannya. Bumbunya.. wah!

✅ Smangat buku kmi adalah menjadi Hud Hud, klian jadilah Sulaiman. Anda tidak pernah thu jalannya takdir Allah. Pikirkanlah jalan hidup Obama.

✅ Pelajarilah bahasa. Mandarin misalnya, ada 2 miliar lebih yang memakainya. Bahasa yang sangat potensial untuk menyampaikan risalah.

✅ Jika sudah di negri asing. Perhatikan jugalah urf mereka. Meski itu urf mungkar.

✅ Misal urf Komunisme represif atau urf liberalisme yang kebablasan. Keduanya tak jarang bertntangan dgn Islam

✅ Jangan merasa komunisme, liberalisme itu hal modern, g ada d jaman Rasul. Ingatlah dakwah Rasulullah, urf Jahiliyah adalah 4 jenis nikah yg g beda dgn zina dan khamar. Rasul tidak langsung melabrak kedua tradisi itu

✅ Misal di Belanda, jangan langsung ke LGBT. Mulailah dari yg azasi. Tauhid. Perkenalkan Allah swt.

✅ Mulai dari sifatnya yg "Rabb" sblum ke Uluhiah. Atau cara apapun yg sesuai. Jangan kenalkan Allah sbagai "Tuhan orang Islam" sbab Dia Rabb alamin.

✅ Komunitas agnostik bisa jadi teman diskusi. Mereka sdh selangkah mengakui eksistensi Tuhan lho. Tunjukan indahnya Islam dengan psona pribadimu.

✅ 40 tahun Rasulullah jadi al amin. Ta'lif (ikat hati) dlu; teruskan utk memantaskan diri sbg yg dipercaya mrk utk menjelaskan islam, lalu ta'rif (kenalkan) barulah taklif (dibebani syariat). Yassir wa laa tu 'assir.

✅ Be a nice agent of Islam.  Sebab kata "Islam" di sana kini adlah kata yang penuh citra buruk. Maka jangan kenalkan Islam sbagai kata, tapi sbagai perwujudan dirimu.

✅ Hakikatnya, orang orang Barat, atau Jepang, sikapnya objektif. Jika kau berbeda dgn stigma yg di media, mreka akan mulai bertanya tanya.

✅ Olehnya, siapkan ilmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan kritis. Jelaskan dgn hati hati.

✅Jika ke negri 'Saba' orientasi dakwah. Maka ke negri negri Islam, mari kita revitalisasi hubungan lama kita.

✅Turki misalnya, mreka sdang giat giatnya merangkul Indonesia. Lihatlah pak JK kemarin, meresmikan Islamic Center Turki di Marryland, US.

✅ Jogja sbnarnya sangat Turkish oriented. Dari Utsmani lah gelar Sultan Agung lewat syarif Mekah.

✅Hubungan ini bisa dihidupkan dimulai dari duta duta pemuda Indonesia yang
ke sana.

✅ Rihlah dakwah tentu juga mencakup seluruh daerah Nusantara. Tak habis kau jelajahi. Menjelajahlah sbagai duta Islam.

✅ Bercita-citalah, Allah Maha Kaya

Related

Ustadz Salim A Fillah 808795954295715634

Posting Komentar

Recent

Recent Posts Widget

Arsip

Entri yang Diunggulkan

Kemunculan Al Mahdi - Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc

Gambar Ilustrasi Kajian Khusus Masjid Raya Bintaro Jaya @16 Januari 2016 Kemunculan Al Mahdi Ust Zulkifli Muhammad Ali, Lc K...

Hot in week

Tayangan Laman

item